Karena Bendera Matahari Terbit Pameran “One Piece” di Korea Selatan Dibatalkan

July 10, 2014 8:41 pm
Karena Bendera Matahari Terbit Pameran “One Piece” di Korea Selatan Dibatalkan

Untuk pertama kalinya pameran One Piece akan diadakan di Korea Selatan, semua telah siap dan tiket juga sudah mulai dijual namun tiga hari sebelum acara yang diadakan di Seoul, Korea Selatan, ini dibatalkan secara mendadak.

Pameran yang tadinya akan diadakan di Monumen Perang di Korea Peace Plaza dan akan menghadirkan patung karakter One Piece skala 1:1, sketsa dari Eiichiro Oda dan juga tiga ratus figur langka One Piece ini akhirnya dibatalkan karena seseorang menemukan satu adegan manga One Piece yang memperlihatkan gambar yang terlihat menyerupai bendera matahari terbit.

onepiecerisingsun-1

onepiecerisingsun-2

onepiecerisingsun-3

Di Jepang, Bendera matahari terbit merupakan bendera militer Jepang yang digunakan semenjak perang dunia ke-2. Namun di Korea Selatan, desain bendera matahari terbit tersebut dipandang sebagai simbol agresi Jepang dikarenakan peristiwa mengerikan yang terjadi pada paruh pertama abad ke-20, saat Jepang menginvasi dan hingga kini masih dianggap ofensif bagi masyarakat Korea Selatan.

onepiecerisingsun-4

Karena alasan itulah, menurut YTN, tempat acara pameran One Piece di Korea Selatan secara sepihak memutuskan untuk membatalkan acara tersebut. Patut disayangkan panitia acara ini tidak memilih tempat yang lebih netral, karena memang akan terasa aneh atau malah bisa berakhir dengan protes apabila simbol tersebut tampak di sebuah monumen perang.

Berbeda dengan Korea Selatan, acara serupa juga diselenggarakan di Taiwan, yang juga diduduki Jepang pada akhir masa Perang Dunia Ke-2, tidak ada permasalahan sama sekali selama acara tersebut berlangsung bahkan pameran tersebut sukses mendapatkan beragam pujian.

sumber: Kotaku