Anime Musim Panas Yang Sebaiknya Dihindari Selama Puasa

July 11, 2014 1:20 pm
Anime Musim Panas Yang Sebaiknya Dihindari Selama Puasa

Sudah berapa tahun kalian mencoba menahan diri untuk tidak menonton anime dengan PLOT yang berbahaya selama menjalankan puasa? Kembali lagi tahun ini diuji dengan bulan puasa tahun ini yang jatuh tepat pada saat pergantian musim tayang anime dari musim semi ke musim panas. Untuk membantu mempermudah kalian menghindar dari seri yang berpotensi membatalkan puasa kalian, JOI mencoba merangkum beberapa seri yang tampaknya lebih baik hindari selama bulan Ramadhan, atau bagi yang sedikit lebih woles hindari ditonton sebelum berbuka.

Berdasarkan daftar anime musim panas, dan tontonan beberapa episode pertama, berikut beberapa anime yang berpotensi mengurangi nilai puasa atau malah bisa bikin batal.

Himegoto

hmgtanime
Apa yang sekiranya lebih berbahaya dari fanservice yang dilancarkan oleh cewek moe? Ya, fanservice oleh cowok moe! Dilihat dari manga-nya tampaknya seri yang satu ini menjanjikan berbagai aksi mem-bully trap jagoan kita disini, Hime-chan.

Oh dan sudahkah kalian tahu bahwa trap di anime ini tidak hanya satu?

Momokyun Sword

FI momokyun PV2
Depiksi seksi dari Momotaro ini menaikkan bar ero-nya hingga batas maksimal, dengan hampir semua tokoh yang ada dijadikan karakter yang moe dan seksi. Belum lagi dari berbagai trailer yang ada kita sudah bisa menduga bahwa tiap beberapa menit kita akan bisa melihat bagian tubuh tertentu dari para karakternya.

Fate/Kaleid Liner Prism Illya 2wei!

fate-kaleid-liner-prisma-illya-2nd-season-key-visual-seventhstyle-001-614x459
Loli mahou shoujo dengan armor “kuat” yang sedianya akan menyajikan aksi Brocon dan Yuri sekaligus dalam satu seri? Anime yang satu ini berteriak “DANGER” “HAZARD” “CAUTION” “WARNING” untuk ditonton saat bulan puasa.

Rokujyuuma no Shinryakusha

rokujyomafi
Siapapun sudah bisa menduga bahwa seri harem yang satu ini akan menuntun kita ke arah yang berbahaya di beberapa episode lanjutannya. Awal-awal mungkin belum, tapi saya ragu anime ini akan terus berada dalam level “aman” kedepannya.

Seirei Tsukai no Blade Dance

tv blade dance v2
Lagi-lagi anime harem fantasi adaptasi dari light novel. Saya juga sudah tidak perlu bicara macam-macam mengenai seri satu ini. Mungkin akan lebih mengarah ke seri penuh fanservice yang mirip seperti Seikoku no Dragonar? Saya harap perkiraan saya salah, tapi sepertinya kemungkinannya kecil.

Free! Eternal Summer

freeanimerec
Tidak hanya kaum adam yang terekspos bahaya akan fanservice. Musim panas ini kaum hawa sangat rentan dengan godaan terutama dengan adanya season 2 dari anime cowok seksi berotot yang berenang bersama cowok seksi lainnya, Free! Eternal Summer.

Saya tidak perlu lagi menjelaskan kenapa anime ini berbahaya untuk ditonton saat berpuasa, saya saja sirik dengan six pack Haruka dan kawan-kawan. Tapi sebaliknya mungkin anime ini masih cukup aman ditonton oleh kaum adam. Tapi mungkin ternyata ada diantara kalian para pria yang bereaksi dengan otot seksi para perenang ini? Kalau begitu maaf tahan juga hasrat kalian setidaknya sampai berbuka.

Love Stage!!

lovestage-anime-fi
Anime yaoi nyaris trap Love Stage!! menyimpan potensi berbahaya untuk ditonton baik oleh kaum hawa dan adam selama berpuasa. Pertama saya kira anime ini hanya akan sedikit mengumbar “hint” tanpa mendepiksikan aksi “terlarang” yang eksplisit, tapi setelah saya mencoba membaca manganya, perkiraan saya salah total. Berhati-hatilah!

Di lain anime yang sudah dalam taraf “berbahaya” diatas, ada juga yang kalau dilihat dari luarnya saja belum bisa dipastikan, namun beberapa hal membuat anime yang akan saya sebutkan ini cukup berpotensi membahayakan ibadahmu, tergantung animenya sendiri nanti dan/atau tingkat toleransi nafsu duniawimu.

Rail Wars

railwarsanimebarupv-fi
Dengan tema yang berbau action dan tampak jauh dari segala fanservice, trailer dan material promosi dari Rail Wars bisa dianggap sangat berbahaya dengan PLOT yang bertebaran dimana-mana. Alasan kuat yang membuat saya memasukkannya disini dan bukan diatas adalah bagaimana anime ini “seharusnya” mengusung jalan cerita yang lebih sentral ke arah action. Untuk berjaga-jaga mari coba amati dulu yang satu ini.

Sailor Moon

sailormooncrystal-fi
Serinya sendiri seharusnya tidak bermasalah. Yang bermasalah adalah apakah kita sebagai penontonnya akan kuat menahan diri dari godaan seragam sailor klasik yang menurut beberapa kalangan adalah seragam ultimate yang super seksi? Belum lagi entah mengapa saya melihatnya di desain yang baru, roknya semakin pendek?

SAO II

sao-phantom-bullet-fi
Kalau yang ini mungkin bukan karena heroinenya (Sinon) yang meskipun akan tampil dengan kostum yang cukup “berlubang”, para penggemar tetap akan lebih menunggu Asuna dan kawan-kawan heroine generasi pertama. Yang saya khawatirkan adalah avatar baru Kirito untuk Gun Gale Online yang berpotensi mengaburkan batas gender diantara para penonton. Kalau kamu merasa oke dengan itu sih tidak masalah. Saya hanya “memperingatkan”…

Itulah beberapa anime yang menurut kami perlu kalian waspadai selama berpuasa. Tetapi kalau kalian yakin tembok iman kalian lebih kuat daripada PLOT dan fanservice, kami tidak melarang menonton ya… resiko (dan berkurangnya pahala) ditanggung sendiri.

Header: Pesantren Al-Sekoting dan BMCrew