[Flashback Friday] B’t X

July 11, 2014 9:04 pm
[Flashback Friday] B’t X

Siapa yang waktu kecil pernah bermimpi ingin pergi ke tempat sampah lalu menemukan sebuah pegasus besi dan berubah memiliki armor super keren? Pulang sekolah langsung berlari ke depan TV untuk melihat petualangan Teppei untuk mengejar kakaknya yang diculik orang jahat? Bersiaplah untuk kembali ke masa lalu, karena Flashback Friday kali ini akan membahas tentang B’t X!

B't X Flashback Friday (2)

Bt’X adalah anime buatan Masami Kurumada, mungkin kamu sudah familiar dengan karya lainnya yang sangat terkenal, Saint Seiya. Pada awalnya manga B’t X (dibaca “beat X”) diserialisasikan pada tahun 1994 sampai tahun 2000. Baru kemudian dijadikan adaptasi animenya pada tahun 1996. Kemudian musim keduanya, B’t X Neo disiarkan pada tahun 1997.

B’t X bercerita mengenai Teppei Takamiya, seorang pengurus peternakan di pulau Kamui, kakaknya Kotaro Takamiya pergi ke Jerman dan menjadi salah satu penemu paling brilian. Mereka kemudian bertemu kembali setelah 5 tahun terpisah, namun sayangnya, Kotaro diculik oleh Machine Empire. Teppei mengejar mereka dengan bantuan Messiah Fist yang melekat di tangannya, namun malang dia harus berhadapan dengan Metalface.

B't X Flashback Friday (10)

Setelah dipukuli oleh Metalface, Teppei kemudian dibuang ke sebuah tempat pembuangan sampah, pada saat itu darahnya mengalir mengenai B’t tua yang dulunya dianggap salah satu B’t paling kuat milik Machine Empire, X. Darah Teppei membangunkan X yang kemudian membantunya lari dari kejaran Metalface. Bagaimanakah akhir petualangan X dan Teppei? Nonton sendiri lah ya.

Selain cerita dan kerennya pasangan donor dan B’t ini, lagu pembukanya juga sudah pasti membekas di masing-masing hati kalian. “Haruka ~Sailing for My Dreams~” yang dinyanyikan oleh Fence of Defense ini pastinya selain kamu nyanyikan berkali-kali di masa kecil kalian, sekarang pun pasti masih kamu nyanyikan kapanpun kamu mendengar lagu ini. Endingnya dinyanyikan oleh Blue Boys dengan judul “Boku no Ikikata“.

Karakter

Teppei Takamiya dan X

teppei takamiya flashback friday

Karakter utama dari anime ini, pasangan donor dan B’t yang keras kepala dan pantang menyerah. Walau pada awalnya X enggan membantu Teppei, tapi pada akhirnya X mengakui Teppei sebagai donornya, dan mereka ternyata menjadi pasangan yang sangat kompak, sampai dapat membangunkan battlegear terkuatnya.

Kotaro Takamiya

kotaro flashback friday

Kakak dari Teppei, seorang penemu jenius yang diculik oleh Machine Empire untuk menghentikan Raffaello, B’t terkuat yang mengalami pertumbuhan dan evolusi yang begitu cepat dan tidak terkontrol.

Karen dan X

B't X Flashback Friday (3) B't X Flashback Friday (7)

Shireishou (Jenderal Empat Arwah) dari barat, wanita cantik yang dulunya adalah donor asli X. Karen kabur dari Machine Empire setelah mengetahui rencana jahat mereka, dia kabur sambil membawa potongan sel Rafaello. Setelah dibuat terluka oleh pengejarnya, Karen terpaksa meninggalkan X di tempat sampah dan terus berlari. Karen ditolong oleh Teppei kecil, tapi malangnya, Teppei dilukai oleh Metalface. Untuk menyelamatkan Teppei, Karen mendonorkan sebagian darahnya pada Teppei, karena itulah X dapat dihidupkan oleh Teppei, karena darah Karen mengalir di dalam tubuhnya.

B't X Flashback Friday (13) B't X Flashback Friday (12)

Karen juga salah satu cinta monyet 2D pertama saya, jangan kaget kalau fotonya lebih banyak dari yang lain.

Fou dan Jet’aime

B't X Flashback Friday (4)

Shireishou dari barat yang sudah mengenal perang sejak kecil sampai menjadi bagian dari hidupnya. Fou ditolong oleh adik dari Karen, Carrie dan kemudian bertekad untuk menebus dosa-dosanya semasa di Machine Empire. Fou dapat bermain biola dengan baik dan itu menjadi senjata utamanya.

Ron dan Raido

B't X Flashback Friday (5)

Shireishou dari selatan, awalnya adalah guardian milik Machine Empire yang paling loyal dan adalah guardian terakhir yang muncul berhadapan dengan Teppei. Namun setelah mengetahui rencana jahat Machine Empire, Ron bergabung dengan Teppei dan kawan-kawan untuk menghancurkan Raffaello.

Dr. Hokuto dan Max

B't X Flashback Friday (11)

Shireishou terakhir, dia menjadi dokter untuk mengikuti jejak mendiang ayahnya yang meninggal karena radiasi nuklir. Yang sayangnya, juga membuat badannya sakit-sakitan, tapi dia memiliki prinsip tidak baik bertarung dengan orang yang sudah terluka, karena itu dia juga menyembuhkan luka musuhnya.

Aramis

B't X Flashback Friday (8)

Komandan Machine Empire yang menculik Kotaro untuk mengehentikan proses Raffaello. Dia juga adalah orang yang bertanggung jawab atas kaburnya Karen dari Machine Empire, tapi sepertinya dia ‘membiarkan’ Karen kabur.

Metalface dan Madonna

B't X Flashback Friday (9)

Cyborg yang mengabdi kepada Machine Empire, dia juga adalah cyborg yang mengejar Karen dan melukai Teppei dan yakin sudah membunuh mereka berdua. Pada akhirnya, Metalface menjadi salah satu yang membantu Teppei mendapatkan data dari Raffaello.

Anime ini sepertinya mengambil 4 binatang penjaga langit di Jepang sebagai inspirasinya. X digambarkan sebagai Kirin, Raido digambarkan sebagai Seiryuu, Jet’aime digambarkan sebagai Suzaku dan Max digambarkan sebagai Genbuu. Karena itulah di openingnya terdapat relief berputar dengan gambar 4 binatang penjaga langit tersebut.

B't X Flashback Friday

B’t X mungkin adalah salah satu anime paling favorit saya di waktu kecil, karena siapa yang tidak suka dengan pahlawan yang bisa berubah sambil salto diatas kuda yang sedang terbang? Selain itu memang perubahannya sendiri juga keren, sama seperti saat Shulato atau Ronin Warriors berubah, mungkin ini akan kami bahas selanjutnya, ada yang mau?