Guillermo Del Toro Ingin Membuat Adaptasi Live-Action Gantz

July 12, 2014 12:12 pm
Guillermo Del Toro Ingin Membuat Adaptasi Live-Action Gantz

Hari jumat lalu sutradara dari Pacific Rim, Guillermo del Toro mengadakan Ask me Anything di Reddit. Pada kesempatan tersebut seorang pengguna Reddit menananyakan, “adakah serial manga atau anime yang Anda kenal, yang Anda akan tertarik untuk mengadaptasinya menjadi film apabila diberikan kesempatan?” Sutradara yang juga pernah menangani Hellboy dan Pan’s Labyrinth ini menjawab “Sangat ingin menangani adaptasi live-action GANTZ.” FUND IT JAPAN!

deljapfi

Berikut adalah jawaban lengkap dari dia:

Ya, saya adalah penggemar berat anime dan manga, begitu juga putriku. Bahkan saya memiliki sebuah kabin di taman kantorku yang didedikasikan hanya untuk manga dan anime, dimana aku menyimpan buku dan film. Aku belum pernah menonton Evangelion, aku menyukai desainnya dan sangat familiar dengan desain robot EVA dan Angel, namun aku tidak pernah duduk menonton serial tersebut. Beberapa orang mengatakan – Aku tidak tahu apakah Trafis yang menulis Pacific Rim pernah melihat Evangelion – mereka melihat cairan yang menghubungkan manusia dengan robot, aku mendapatkan ide itu sendiri tanpa melihat Evangelion. Namun aku secara penuh mengakui terpengaruh Patlabor, Ghost in the Shell, Tetsujin 28-go, Space Giants, Mazinger Z, dan banyak lagi anime yang aku tonton dan nikmati. Aku sangat menyukai karya Osamu Tezuka, yang karyanya mempengaruhi aku ketika masih kecil, dan aku menyukai beberapa karya Mamoru Oshii, Katsuhiro Otomo, Satoshi Kon (sangat-sangat, bahkan aku merasa dialah pembuat terbaik dibandingkan Miyazaki dan Takahata).

Aku juga menyukai karya Jiro Taniguchi, yang sangat kontemplatif dan meditatif, yang sangat berpengaruh buatku adalah pahatan Mirasawa dan cerita horor dari Junji Ito yang aku temui di kunjunganku terakhir kali ke Jepang. Dia sangat-sangat pemalu dan aku sering sekali menepuk punggungnya, yang sangat tidak kejepangan. Junji Ito merupakan satu-satunya pengarang komik yang membuat aku ketakutan. Ketika hiu di Gyo menaiki tangga dan kaki mekanik kepiting mengejar mereka di tangga, aku benar-benar melempar komik tersebut dan berteriak “TIDAK!” aku sangat ketakutan.

Aku juga berpikir sangat terpengaruh oleh desainer game Jepang. Aku adalah sahabat dan sahabat besar dari Hideo Kojima, dan sangat beruntung bisa berteman dengan Otomo-san. Namun serial yang menurutku akan sanga FANTASTIS untuk diadaptasi, yang ingin kuadaptasi menjadi live-action adalah GANTZ. Aku juga menyukai buku, buku yang mungkin kamu tidak begitu kenal, dengan judul BLAME – sangat sureal, buku yang indah, tapi aku tidak tahu apakah kamu tahu. Tapi buku tersebut dibuat oleh Tsutomu Nihei dan aku juga menyukai karya Katsuya Terada. Aku berusaha sebaik mungkin sebagai penggemar anime untuk membuat live-action anime dengan Pacific Rim dan hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa palet warnanya sangat tinggi saturasinya. Aku berharap dapat membuat film tersebut dinamis dan vibran sebagai anime.

Del Toro sendiri juga tengah merencanakan adaptasi manga Monster karangan Naoki Urusawa untuk menjadi serial televisi di HBO. Del Toro sudah mengirimkan skenario untuk pilot episode serial tersebut pada bulan Mei 2013 yang lalu.

Sebelumnya memang pada tahun 2010 sempat dikabarkan bahwa produser film live action GANTZ telah mendapatkan penawaran untuk hak cipta remake dari Amerika dan Inggris sebelum filmnya ditayangkan. Saat ini Guillermo Del Toro sendiri menyatakan bahwa mereka tengah berbicara dengan studio animasi Jepang yang akan menggarap adaptasi anime Pacific Rim. Tapi, live-action Gantz oleh Del Toro setelah adaptasi live action oleh Jepang yang biasa-biasa saja…. again, FUND IT JAPAN.

sumber: ANN