Di “ene cafe METHANE” Kamu Bisa Menukar Sampah Dengan Secangkir Minuman Gratis

July 16, 2014 12:10 pm
Di “ene cafe METHANE” Kamu Bisa Menukar Sampah Dengan Secangkir Minuman Gratis

Kadang-kadang untuk mulai hidup lebih hijau kita tidak perlu melakukan hal-hal yang merepotkan, cukup yang simpel saja seperti satu kafe khusus anggota yang baru-baru ini dibuka di kota Osaki, prefektur Miyagi. Dimana mereka menggunakan energi dari sampah yang dibawa oleh pelanggannya untuk merebus air yang dibutuhkan untuk menyeduh minuman yang mereka sajikan.

Kafe yang terletak di area parkir Naruko Onsen dan bernama ene cafe METHANE ini terbuka untuk tamu yang membawa “nama gomi” (sampah organik), dan sebagai imbalannya mereka akan memberikan secangkir teh gratis. Saat ini kafe tersebut meminta calon pelanggannya untuk menjadi angota terlebih dahulu, tapi mereka menekankan bahwa siapapun dipersilahkan untuk datang menjadi anggota dan mereka hanya membutuhkan sampah organik sebanyak kotak makan sehari-hari untuk secangkir minuman gratis.

Dengan menggunakan energi biomassa yang berasal dari sampah organik, ene cafe METHANE mampu memanaskan air yang dibutuhkan untuk membuat minuman panas, tanpa tambahan gas atau listrik. Selain itu sampah organik tersebut juga dapat digunakan untuk membuat pupuk cair untuk tanaman dan tenang saja tempat pengolahan sampah kafe ini terletak jauh dari dapur.

Tertarik untuk mencobanya? Bila kalian sedang di Jepang ene cafe METHANE terletak di Naruko Onsen Yomogida 232-3, Osaki-shi, Miyagi Prefecture 989-6711

sumber: Rocketnews