[Flashback Friday] Shoot!

July 18, 2014 9:20 pm
[Flashback Friday] Shoot!

Selamat malam, kalau minggu lalu kita membahas seri aksi, minggu ini Flashback Friday akan membahas seri olah raga, yang tidak kalah banyak aksinya dengan B’t X. Bila kamu sempat membacanya di tahun 90-an atau sempat menontonnya di tahun 2000-an, mungkin kamu akan bernostalgia berat dengan seri buatan Tsukasa Ooshima ini, Shoot!

Shoot FlashbackFriday

Kamu mungkin masih ingat, waktu sekolah dulu sempat meminjam komik Shoot dari teman dan lupa mengembalikannya bahkan sampai sekarang. Shoot adalah komik sepak bola yang sangat digandrungi anak-anak SD sekitar 15-20 tahun lalu. Tidak jarang komik ini jadi sasaran sitaan guru karena anak muridnya membaca komik di tengah jam pelajaran. Untungnya di tahun 2000-an, Shoot sempat muncul dengan judul “Aoki Densetsu Shoot!” di salah satu stasiun televisi Indonesia.

Shoot, sebuah manga sepakbola yang mengisahkan cerita trio SMP Kakenishi Toshihiko Tanaka, Kazuhiro Hiramatsu dan Kenji Shiraishi yang terpikat oleh permainan seorang jenius, Kubo Yoshiharu. Trio SMP Kakenishi tersebut kemudian memutuskan untuk masuk ke SMA yang sama dengan Kubo, namun sayangnya hanya Toshi yang melanjutkan bermain sepak bola, Kenji berubah menjadi berandalan sedangkan Kazuhiro tidak diperbolehkan bermain sepak bola lagi oleh ayahnya. Bagaimanakah nasib klub sepak bola Kakegawa selanjutnya?

Karakter

Toshihiko Tanaka
6649064_20140619063023

Murid kelas 1 SMA Kakegawa yang memiliki tendangan kaki kiri yang sangat kuat dan sering disebut-sebut sebagai “Meteor Kiri” karena kedahsyatan kekuatan bola tendangannya bisa mementalkan kiper sampai masuk ke gawang. Kelebihan Toshi ini ditemukan oleh Kubo, yang merasa kaki tumpuan Toshi tidak stabil, karena itu, Kubo memerintahkan Toshi untuk melatih tendangan kirinya, yang kemudian menjadi senjata pemusnah massal, sepertinya.

Kazuhiro Hiramatsu
kazuhiro

Seorang pemain bola dengan teknik gocekan level nasional ini adalah pasangan setia Toshi, Kazuhiro selalu menggunakan teknik gocekannya untuk menipu lawan sebelum melambungkan umpan akurat pada Toshi. Namun bukan artinya Kazuhiro tidak bisa mencetak gol, karena tendangan pisangnya berkali-kali merobek gawang lawan, tendangannya memang tidak sekeras Toshi, tapi jauh lebih akurat. Kazuhiro juga berkali-kali siap menusuk orang-orang yang menggoda Kazumi tanpa pandang bulu, karena Toshi pun ikut ditusuk.

Kenji Shiraishi
kenji

Makhluk dengan birahi super tinggi yang satu ini adalah penjaga gawang dengan sebutan “Dewa Penyelamat Kakegawa”. Kenji mengalami trauma yang hebat, sehingga dia memutuskan untuk menjadi berandalan pada awalnya, namun berkat bujukan Kazumi, Kenji akhirnya kembali memperkuat tim Kakegawa di saat kritis. Kenji memiliki tubuh yang lentur dan refleks yang baik, sayang otaknya sedikit lecet sepertinya.

Kazumi Endo
Shoot FlashbackFriday (3)

Siswi SMA yang awalnya seperti berandalan ini sangat berapi-api bila menyangkut Kakegawa. Pada awalnya, dia diperlihatkan seperti memiliki perasaan terhadap Kubo, namun pada akhirnya, sepertinya dia harus memilih antara Toshi atau Kazuhiro. Kazumi pernah diangkat menjadi idol oleh sebuah agensi, namun pada akhirnya dia memilih kabur dari agensi tersebut untuk terus menjadi manager Kakegawa.

Kubo Yoshiharu
kubo

Seorang pemain berbakat yang sepertinya memiliki kemampuan tak terbatas. Kubo Yoshiharu adalah seorang pesepakbola yang paling mencintai sepak bola lebih dari apapun. Bila kamu sudah membaca manga atau menonton animenya pasti mengerti. Kubo menciptakan klub kesebelasan Kakegawa dari nol, dan memimpin mereka sampai bisa menjuarai kejuaraan nasional, walaupun tidak bisa merayakannya secara langsung.

Kamiya Atsushi
kamiya

Wakil kapten kesebelasan Kakegawa yang pintar dalam hal game-making, membuatnya menjadi ahli strategi yang luar biasa, didukung dengan kemampuan teknik individu yang piawai dan senjata pamungkasnya, operan menyusup yang berkali-kali mengobrak-abrik barisan belakang lawan. Sayang Kamiya suka emosi saat diejek, bila kamu salah berkata, kepalamu mungkin sudah ditancapkan gunting olehnya.

Keigo Mahori
mahori

Ahli teknik yang baru pulang dari Brazil ini menjadi salah satu gelandang terbaik Kakegawa dengan dribblenya yang cantik. Walaupun pada awalnya Mahori terkesan sombong, namun ternyata dia orang yang baik dan hanya terjadi salah paham dalam cara orang Jepang dan Brazil berlatih.

Yutaka Sasaki
sasaki

Sasaki adalah salah satu pemain tercepat di tim, setelah Kazuhiro, dia adalah sayap yang sangat cepat dan biasanya melakukan kombinasi dengan overlap-nya Nitta, sahabat baiknya yang menjadi pemain belakang. Walaupun dia tidak begitu tajam sebagai penyerang, namun Sasaki dapat membawa bola dengan baik ke lini depan dan memberi umpan matang bagi para penyerang.

Shinichi Nitta
nitta

Teman baik Sasaki yang memiliki kaki kuat, dia dapat berhenti dari kecepatan tertingginya ke kecepatan nol hanya dalam satu detik. Nitta awalnya tidak langsung masuk tim inti, namun berkat keuletannya melakukan latihan rahasia, Nitta berhasil menjadi salah satu anggota vital di tim Kakegawa. Nitta juga dapat melakukan perangkap offside.

shoot live action

Shoot juga sempat dibuat live-actionnya bertahun-tahun lalu, dan entahlah apakah saya masih bisa menemukan filmnya atau tidak. Pada akhirnya, Shoot mungkin memiliki banyak sekali karakter lain yang entahlah kamu bisa ingat atau tidak. Karena bukan hanya dari tim Kakegawa sendiri, di tim lain pun pemain berbakatnya banyak, bahkan di negara lain pun ada. Tapi bila kamu bisa menghafal semua nama kapal di game Kantai Collection, masa karakter komik saja tidak hafal.

Shoot FlashbackFriday (2)

Shoot sangat cocok dinikmati oleh pembaca semua umur, bila kamu masih bisa menemukan komiknya, maka beli saja langsung. Karena ceritanya yang sangat lucu dan menarik untuk diikuti. Salah satu editornya pun mengatakan kalau dia selalu bersemangat setelah membaca Shoot! Bagaimana dengan kamu?