[3 Eps Rule] Aldnoah.Zero

July 20, 2014 11:00 pm
[3 Eps Rule] Aldnoah.Zero

Urobuchi ngurus anime mecha loh! Eh? Ga tertarik? OPnya dinyanyiin ama Kalafina loh! Masih belum tertarik? Komposer musiknya Sawano Hiroyuki (Gundam Unicorn, Kill la Kill) loh! Belum tertarik nonton juga? Penulis naskahnya Boku no Pico juga ikutan ngurus loh!……. eh?

Urobuchi + Kalafina + Sawano Hiroyuki + staf Boku no Pico

Penulis ternama? cek. Kelompok penyanyi ternama? cek. Komposer musik ternama? cek. Faktor LOLWUT? cek. Nama-nama besar yang mengiri anime ini bisa dengan mudah menarik para penonton anime untuk setidaknya mengecek anime yang satu ini, dan hasilnya tidak mengecewakan. Pembawaan setting cerita dan aksi menarik di awal khas Urobuchi Gen (meski Urobuchi hanya akan mengurus sampai episode 3), musik pembuka yang indah khas Kalafina, musik BGM seru khas Sawano Hiroyuki, dan….. nggak, moga-moga ga ada shota BL “action” seperti yang pernah dibuat oleh Takayama Katsuhiko (tenang, selain itu, dia juga pernah mengurus anime lain seperti Ga-Rei Zero, OVA Mirai Nikki, Sasami-san@Ganbaranai, dan anime-anime lainnya).

Musuh yang sangat kuat

Aldnoah.Zero menceritakan tentang kembalinya kelompok manusia yang menemukan teknologi alien dan akibat dari berbagai hal dan konflik, berpisah dengan para manusia bumi dan tinggal di planet Mars yang menamakan diri sebagai Vers Empire. 15 tahun kemudian, Vers Empire kembali ke bumi, dan akibat oleh berbagai intrik yang nampaknya mengakibatkan putri dari Vers Empire mati, kini Vers Empire dan bumi kembali berperang. Para manusia bumi mengira mereka bisa melawan robot-robot milik Vers Empire dengan robot-robot yang mereka kembangkan sendiri selama 15 tahun terakhir, namun kenyataannya perang baru ini berjalan dengan sepihak.

3er aldnoah3

Musuh pertama, tapi rasanya sudah seperti melawan boss di akhir-akhir cerita.

Pertempuran yang cerdik

Bisa dibilang pertarungan antara manusia bumi dengan Vers Empire itu kurang lebih seperti “Real Robot vs Super Robot”. Robot milik pasukan bumi bagaikan real robot cecurut seperti GM dan Zaku, sementara robot milik Vers Empire sangatlah kuat bagaikan super robot, dan ditunjukkan di episode 2 di mana dengan mudah robot ini menghancurkan semua lawannya dan juga membunuh beberapa karakter lainnya. Yang menariknya adalah, dengan halangan sebesar itu, sang tokoh utama tidak memenangkan pertarungannya dengan semangat atau Deus ex Machina, tetapi dengan menggunakan taktik dengan perlengkapan seadanya (bahkan robotnya bukan unit militer, tapi unit latihan). Berkat ini, pertarungan terasa menegangkan, dan ketika pertama kali menang, Saya sendiri rasanya puas sekali.

3er aldnoah1

Musuh punya teknologi alien super canggih sementara para tokoh utama hanya menggunakan robot yang dipergunakan sebagai alat latihan.

Semua pertanyaan dijawab

*sedikit spoiler di bagian ini*
Beberapa bagian di tiga episode pertama ini sering membuat Saya berpikir “seandainya di anime lain, mungkin plot point ini pembawaannya tidak akan semenarik di sini”. Mungkin sudah menjadi rahasia umum di dunia anime kalau “Karakter yang ditampilkan seakan-akan mati, tetapi tidak terlihat jelas saat kematian atau mayatnya tidak kelihatan = kemungkinan besar belum mati”. Oleh karena itu adegan kematian sang putri Vers Empire di episode pertama cukup jelas menunjuk ke kemungkinan besar sang putri masih hidup. Jika plot ini di bawakan di anime lain, kemungkinan besar fakta kalau sang putri masih hidup akan disimpan selama beberapa episode (setidaknya selama setengah serinya), dan saat akhirnya diungkap, pasti akan dibawakan dengan dramatis, seakan-akan penonton tidak menduga kalau sang putri masih hidup. Tetapi di Aldnoah.Zero, langsung ditunjukkan kalau sang putri masih hidup di episode berikutnya, dan bahkan revealnya dibawakan dengan santai. Hal lain seperti mengapa musuh tidak mengejar para tokoh utama setelah memasuki terowongan juga langsung dijawab di episode berikutnya. Aldnoah.Zero memerhatikan detil-detil kecil dan tidak merendahkan intelejensi para penontonnya.

3er aldnoah4

Tokoh utama yang super kalem dan pintar, saudaranya Chirico Cuvie mungkin.

Bagaimana ke depannya

Saya siap memberikan pujian demi pujian untuk 3 episode pertama dari Aldnoah.Zero ini. Karakter yang menarik (Inaho ini versi muda dari Chirico Cuvie ya?), build-up yang menegangkan, pertarungan yang cerdik dan menarik, dan juga klimaks ep 3 yang sangat memuaskan membuat Saya siap untuk memberikan verdict MUST WATCH untuk anime ini, tetapi ada satu fakta yang harus diperhatikan terlebih dahulu. 3 episode perdana Aldnoah.Zero memang ditulis oleh Urobuchi, tetapi dimulai pada episode berikutnya, Urobuchi akan melepas jabatan penulis untuk anime ini dan menyerahkannya ke Takayama Katsuhiko. Agak disayangkan, tapi bukan berarti kualitasnya dijamin akan menurun di episode-episode berikutnya.

3er aldnoah5

Plot twistnya sendiri juga membuat penasaran akan berkembang seperti apa ceritanya.

Yang pasti, penampilan 3 episode pertama Aldnoah.Zero yang memukau ini telah menempatkannya sebagai salah satu anime paling seru, menegangkan, dan menarik di season ini.

Verdict: Antimattered/.0, keep watching

3er aldnoah2

Mungkin ini gadis termanis yang pernah memegang grenade launcher.

Jangan lupa kalau Aldnoah.Zero bisa ditonton secara legal dengan subtitle bahasa Inggris di situs DAISUKI.