[Monday Music] Chemistry

July 21, 2014 10:30 pm
[Monday Music] Chemistry

Selamat malam semuanya, bagaimana hari senin kamu semua? Semangat? Bagi yang menunaikan ibadah puasa, semangat dong ya puasanya, apalagi tidak terasa puasanya tinggal seminggu lagi. Kali ini, setelah membahas band yang begitu keras minggu lalu, saya pikir ada baiknya kalau kita membahas duo harmonis, Chemistry.

Chemistry, saya yakin minimal penggemar Gundam sudah mengenal nama grup ini. Mereka adalah duo Pop/R&B yang telah dibentuk sejak tahun 2001. Anggotanya adalah Yoshikuni Douchin dan Kaname Kawabata, Kaname sendiri sempat tampil dalam J-Music Lab tahun lalu di Jakarta. Mereka adalah pemenang dari audisi Asayan, semacam audisi yang mirip dengan Indonesian Idol yang diselenggarakan oleh Sony Music Entertainment Jepang.

Single pertama mereka “Pieces of a Dream” langsung melejit ke puncak tangga lagu Oricon. Single itu pun menjadi single paling laku di tahun itu dengan penjualan lebih dari 2 juta kopi.

Saya pertama kali mengenal Chemistry adalah lewat seri Mobile Suit Gundam SEED Destiny dengan lagunya yang berjudul “Wings of Words“. Lagu yang terus dinyanyikan banyak kolega saya sejak SMA. Lagu tersebut terdengar begitu lembut dan harmonis, namun tetap memiliki power yang sangat luar biasa. Memang pantas untuk menjadi salah satu lagu paling sering dinyanyikan saat karaoke.

Chemistry juga mengisi lagu beberapa anime terkenal lain. Misalnya Fullmetal Alchemist: Brotherhood memakai lagu mereka yang berjudul “Period“. Lagu ini sangat bersemangat dari awal hingga akhir dan terasa sangat cocok untuk anime tersebut.

Selain Fullmetal Alchemist, Bandai Visual juga mengkontrak Chemistry pada tahun 2011 untuk merekam lagu tema episode ke 3 OVA Mobile Suit Gundam Unicorn. “Merry Go Round” lagu yang sangat indah, tapi saat mendengarnya entah kenapa saya selalu terenyuh. Mungkin karena saya mengingat pada saat lagu ini dinyanyikan, Banagher sedang dirundung rasa bersalah karena baru saja menembak Gilboa. Sayangnya, video diatas adalah lagu yang dinyanyikan kembali oleh orang lain.

Anggota

Yoshikuni Douchin

Chemistry monday music

Yoshikuni ternyata tidak hanya pintar bernyanyi, tapi dia juga pintar dalam dunia akting. Yoshikuni sudah membintangi 3 film, Manatsu no Orion pada tahun 2008, Zakurozaka no Adauchi dan The Undying Dream We Have, keduanya pada tahun 2014. Dia menikahi selebriti Morita Atsuko pada tahun 2004 dan sudah dianugerahi dengan 2 orang anak.

Kaname Kawabata

Chemistry monday music (3)

Kaname juga sempat menggeluti dunia akting di tahun 2012 dalam film Hungry, walaupun tidak sebanyak Douchin. Pada tanggal 6 Maret, Kaname menikahi model Takahashi Miki yang juga menjadi model dalam video musik “This Night“. Pada tanggal 3 Oktober 2012, Kaname melangsungkan debut solonya dengan lagu “TOKYO GIRL”.

Nyanyian Chemistry mungkin adalah salah satu yang paling menenangkan yang pernah saya dengar. Rentang suara yang panjang dengan alunan lagu Pop dan ditemani oleh suara vokal yang khas, sedikit seperti ‘ditahan’ tapi entah kenapa saat mereka menyanyikannya tetap terdengar lepas. Chemistry juga pernah melakukan kolaborasi dengan penyanyi-penyanyi kelas dunia lain, seperti misalnya Lena Park dari Korea, dan juga dengan penyanyi Amerika terkenal, John Legend.

Saya lebih banyak mengetahui sepak terjang Chemistry di dunia anime ketimbang dunia musiknya, sehingga ketika Chemistry sudah memiliki lebih dari 30 single dan 14 album, tolong dimaafkan bila saya hanya bisa memperdengarkan yang berhubungan dengan anime saja. Bila kamu punya rekomendasi lagu Chemistry lain yang lebih baik dari lagu-lagu diatas, tolong tulis di kolom komentar ya!