[3 Eps Rule] Sabagebu!

July 22, 2014 11:16 am
[3 Eps Rule] Sabagebu!

Dengan kekecewaan dari anime bertema sama, C3-bu, saya sama sekali tidak melirik anime sejenis tentang airsoft gun club ini beberapa minggu lalu. Buat apa? Resep “Sekumpulan cewek moe+Airsoft” terbukti tidak dapat memuaskan dahaga saya akan aksi baku tembak yang seru dan realistis dengan hiasan cewek moe. Melihat sinopsis dan desain Sabagebu, keyakinan saya seakan terbukti. “Ini akan jadi sekedar anime “cute girls doing cute things” saja, dengan bumbu pistol-pistolan”.

Tapi timeline saya berteriak, bahwa Sabagebu adalah anime dengan premis unik ditambah karakter yang menarik. Dan itu datang dari beberapa teman yang biasanya sama sekali tidak melirik anime yang isinya cewek semua seperti ini. Ada apa dengan anime yang satu ini? Akhirnya karena penasaran saya pun mencoba menontonnya.

sabagebu3epsrule (2)

Belum mulai apa-apa, sudah ada peringatan dari para karakter utamanya “Kalau kamu berharap anime ini berisi baku tembak serius, lupakan dan cari anime lain.” Lolwhut? Setelah itu dibuka dengan tipikal anime seperti ini, karakter utama kita Sonokawa Momoka yang merupakan murid pindahan, bingung beradaptasi dan akhirnya karena satu dan lain hal bergabung dengan klub nyentrik Survival Game Club/Sabagebu.

Premisnya standar, banget. Tapi yang membuat menarik adalah para karakter utamanya yang saya sebut sebagai “dark heroine”. Kapan lagi heroine utama dari anime komedi ringan itu hobinya menorehkan luka psikologis, membuka “pintu dunia baru” bagi teman klubnya, dan pendendam serta egois juga kasar, bahkan kepada anak kecil?!

sabagebu3epsrule (1)

Kata pembuka anime ini benar adanya, fokus utama anime ini bukanlah ada pada aksi baku tembak lebay yang keren dan senjata yang detil. Meskipun tetap saat ada adegan baku tembak, eksekusi adegannya dibuat dengan apik dengan menambah beberapa homage dari seri yang tidak saya kira akan dimasukkan ke sini, seperti Resident Evil: Nemesis dan The Matrix.

sabagebu3epsrule (3)

Pesona anime ini ada pada karakternya yang “tidak biasa” ada di cerita yang muncul di majalah komik shoujo. Jahat, licik, kasar, pendendam, bermuka dua, dan lain-lain. Tapi itulah yang membuat anime ini menarik!

Verdict: Sabagebu, please keep being awesome. Karena saya akan lanjut nonton.