Anime Apa Yang Ada di Benak Para Otaku Bila Mendengar Kata ‘Musim Panas’?

July 26, 2014 11:15 am
Anime Apa Yang Ada di Benak Para Otaku Bila Mendengar Kata ‘Musim Panas’?

Saat ini, Jepang sedang berada di puncak musim panasnya, dimana panas makin menyengat namun udara tetap kering membuat kemungkinanmu terkena ‘heat stroke’ makin besar. Memanfaatkan momen ini, dip-net.co.jp membuat sebuah survei online mengenai anime apa yang diingat para otaku saat mereka mendengar kata musim panas.

Sebanyak 333 orang responden pria dan wanita otaku dengan rentang umur antara 15-49 tahun ditanyai pertanyaan diatas, dan berikut adalah hasil dari survei tersebut.

10. Free!

anime musim panas DIP survei (4)

9. Shinryaku! Ika Musume

anime musim panas DIP survei (6)

8. Ano Natsu de Matteru

anime musim panas DIP survei (7)

7. Anohana

anime musim panas DIP survei (3)

6. Higurashi no Naku Koro ni

anime musim panas DIP survei

5. Ookiku Furikabutte

anime musim panas DIP survei (9)

4. Natsume Yuujinchou

anime musim panas DIP survei (8)

3. Tonari no Totoro

anime musim panas DIP survei (10)

2. Hotaru no Haka

anime musim panas DIP survei (5)

1. Summer Wars

anime musim panas DIP survei (2)

Semua anime diatas memang memiliki bau musim panas yang sangat kental, mulai dari Free! ceria, sampai ke Hotaru no Haka yang sedikit tragis. Ada juga anime dengan tema yang sedikit brutal seperti Higurashi no Naku Koro ni tapi ada juga yang mengangkat tema persahabatan dan kerjasama seperti Ookiku Furikabutte. Namun bila membicarakan musim panas, memang sepertinya Summer Wars adalah yang nomor 1.

Selain itu, para responden juga ditanyai kata apa yang terngiang di kepala mereka saat mendengar kata musim panas. Secara mengejutkan “Comiket” muncul di posisi ke 5, setelah “festival obon“, “festival musim panas“, “laut“, dan “libur musim panas” yang mengisi posisi pertama. Sepertinya Comiket telah menjadi salah satu acara wajib untuk semua otaku di musim panas.

sumber: DIP
gambar: pixiv/na770