Pemerintah Jepang Akan Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Manga Mulai Bulan Depan

July 29, 2014 1:05 pm
Pemerintah Jepang Akan Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Manga Mulai Bulan Depan

Dilaporkan oleh NHK pada tanggal 28 Juli, pemerintah Jepang memutuskan untuk bekerjasama dengan 15 perusahaan produsen anime dan penerbit manga di Jepang dan memulai operasi besar-besaran untuk menumpas habis situs-situs yang secara ilegal mengupload anime dan manga di internet tanpa meminta izin dari pemegang hak cipta dimulai dari bulan Agustus yang akan datang.

piracy-2

Meskipun pemerintah Jepang telah mendukung anime dan manga sebagai salah satu bentuk ekspor kebudayaan yang penting, tampaknya situs yang mengupload anime dan manga secara ilegal tidak ada habis-habisnya, khususnya situs yang berasal dari negara China. Diperkirakan kerugian yang diakibatkan situs-situs ilegal tersebut telah mencapai 560 Milyar Yen, atau sekitar 64 Trilyun Rupiah.

piracy-3

piracy-4

Mulai dari tanggal 1 Agustus, Pemerintah Jepang secara serentak akan mengirimkan permohonan untuk menghapus 580 judul anime dan manga ilegal kepada pengurus dari situs yang menjadi sasaran. Selain itu, mereka juga akan menyediakan sebuah situs yang dapat membantu penggemar anime dan manga untuk menemukan 250 judul anime dan manga terbaru dengan biaya beberapa ratus Yen.

sumber: NHK lewat Crunchyroll