Gak Semua Orang Jepang Tertib, Tumpukan Sampah Menggunung Setelah Festival Kembang Api di Jepang

July 30, 2014 10:28 am
Gak Semua Orang Jepang Tertib, Tumpukan Sampah Menggunung Setelah Festival Kembang Api di Jepang

Mungkin selama ini kalian sudah mengidentikkan Jepang sebagai negara yang tertata baik, tidak ada yang buang sampah sembarangan, malu bahkan sampai di saat mereka menonton piala dunia saja mereka memutuskan untuk memungut sampah di stadion tempat mereka menonton meskipun kalah, tapi ternyata masih ada juga orang Jepang yang suka membuang sampah sembarangan seperti yang terlihat di festival kembang api di Jepang ini.

Kebanyakan orang di Jepang memang biasanya mengambil sampah mereka kedalam kantong sampah yang mereka bawa untuk dibawa kembali ke rumah setelah melihat festival kembang api atau hanami (pesta melihat bunga sakura mereka), tapi sepertinya ada beberapa orang yang lebih memilih untuk meninggalkan sampah mereka begitu saja seperti yang terjadi pada festival kembang api di sungai Sumida ini.

Seorang pengguna twitter yang datang ke lokasi tersebut menumpahkan kekesalan melalui tweetnya karena tempat parkir sepeda yang biasa ia gunakan sekarang menjadi tempat sampah sementara.
japan-fw-2

“Di Asakusa sekarang. Kita tidak lagi di piala dunia…”
japan-fw-1

“Asakusa setelah festival. Serius nih sampahnya banyak banget.”
japan-fw-3

“Di Kuil Asakusa. Ada sampah dimana-mana.”
japan-fw-4

“Gara-gara festival kembang api, gunungan sampah muncul (´・_・`)”
japan-fw-5

Dan pengguna internet Jepang lainnya pun tidak lupa meninggalkan beberapa komentar menyindir orang-orang yang membuang sampah sembarangan tersebut.

“Kalau begini perilaku orang-orang, gimana kita bisa mengadakan Olimpiade disini (tahun 2020)?”
“Harusnya mereka membatalkan festival kembang api.”
“Aku gak percaya ada yang membuang sampah begitu saja diluar.”
“Apa yang terjadi dengan tindak kita bebersih saat piala dunia?”
“Jujur saja aku gak ngerti siapa yang bisa melakukan hal ini.”
“Kamu harus pergi dan membuat tempat lebih rapih daripada saat kamu datang. Tidakkah mereka mempelajarinya saat di sekolah?”

Panitia acara sebenarnya telah memberitahukan hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menonton festival kembang api pada website yang mereka buat bahkan secara jelas menyebutkan:

“Buanglah sampah pada tempatnya. Membuang sampah diluar dan meninggalkannya berserakan diluar tempat yang seharusnya tidak hanya merusak kecantikan lingkungan kita, tapi juga menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tidak bertanggung jawab tanpa moral.”

sumber: Rocketnews