Cemas Kalau Studio Ghibli Mungkin Dibubarkan? Hayao Miyazaki Berkata “Itu cuma nama”

August 1, 2014 4:52 pm
Cemas Kalau Studio Ghibli Mungkin Dibubarkan? Hayao Miyazaki Berkata “Itu cuma nama”

Kenapa kamu harus cemas kalau pendirinya sendiri tidak begitu memusingkan masalah studionya? Hayao Miyazaki sepertinya tidak merasa cemas sama sekali dengan kemungkinan pembubaran Studio Ghibli, yang ada, dia malah mengatakan kalau dia sudah memprediksi ini sejak lama dan tidak ada gunanya pusing soal itu.

Berikut ini adalah sekumpulan gambar yang diambil dari dokumentasi The Kingdom of Dream and Madness, dimana Hayao Miyazaki sendiri mengatakan kalau dia akan berhenti dari Studio Ghibli. Gambar-gambar ini diambil dari situs tumblr milik Nicholas Kole.

ghibli miyazaki tidak cemas (3)
“Masa depannya sudah jelas, itu (Studio Ghibli) akan dibubarkan”

ghibli miyazaki tidak cemas (4)
“Apa gunanya untuk khawatir? Itu tak terhindarkan.”

ghibli miyazaki tidak cemas (5)
“Aku sudah bisa melihatnya.”

ghibli miyazaki tidak cemas (2)
“‘Ghibli’ itu cuma nama asal yang kudapat dari sebuah pesawat terbang.”

ghibli miyazaki tidak cemasghibli miyazaki tidak cemas (6)
“Itu cuma nama.”

Bila kamu ingin melihat trailer dari The Kingdom of Dream and Madness, silahkan memutar video dibawah ini:

Seperti yang sudah kamu ketahui, Studio Ghibli terancam untuk dibubarkan karena diberitakan kalau mereka tidak bisa memproduksi film lagi. Walaupun sudah mencetak film-film hit seperti Spirited Away, Grave of the Fireflies, Princess Mononoke dan My Neighbor Totoro, film-film terbaru Ghibli dikatakan tidak dapat meraup keuntungan walaupun sudah menghasilkan milyaran yen. Namun sayang, milyaran yen tersebut masih tidak cukup untuk menutup biaya operasional studio tersebut.

Walaupun mendengar berita ini membuat sedikit hati saya terenyuh mengingat Grave of the Fireflies begitu menyentuh hati saya saat SMA. Tapi Miyazaki yang setiap harinya masih berkeliaran di studionya walaupun sudah pensiun saja tidak pusing dengan masalah ini. Kamu juga sebaiknya jangan pusing-pusing karena masalah Studio Ghibli ya, doakan saja yang terbaik untuk mereka.

sumber: Kotaku