[Flashback Friday] Tensai Bakabon

August 1, 2014 7:05 pm
[Flashback Friday] Tensai Bakabon

Baru saja diumumkan kalau Bakabon akan dibuat film layar lebarnya membuat saya semangat untuk mengulas seri manga komedi lawas ini. Manga besutan mendiang Fujio Akatsuka ini sempat menjadi sebuah hit bahkan di kalangan anak sekolahan Indonesia, karena itu film layar lebarnya wajib kamu tonton!

Tensai Bakabon, adalah sebuah seri mengenai kehidupan seorang anak polos yang agak, bodoh bernama Bakabon bersama bapaknya yang mungkin agak gila. Saya yakin pun di pertengahan ceritanya karakter utama berpindah menjadi bapaknya Bakabon, walaupun nama komiknya tetap Bakabon.

flashback friday bakabon (3)

Tensai Bakabon adalah seri manga yang sangat tua, jauh sebelum saya pun dilahirkan, atau mungkin kamu walaupun kamu sudah berumur 30 tahunan. Bakabon pertama kali muncul di tahun 1967 dan terus berjalan sampai tahun 1976, animenya sendiri disiarkan pada tahun 1971 dan kemudian mendapatkan 4 musim di tahun-tahun yang berbeda, sampai anime terbarunya “Rerere no Tensai Bakabon” disiarkan pada tahun 2000 dan sempat tayang di salah satu tv lokal Indonesia.

Karakter

Papa Bakabon

flashback friday bakabon (4)

Papa Bakabon adalah karakter yang luar biasa bodoh, dia dan Bakabon sering melakukan hal gila berdua tanpa alasan yang jelas, bahkan sering kali saya berpikir kalau papa Bakabon ini jauh lebih bodoh daripada anaknya sendiri. Tapi sebenarnya papa Bakabon ini adalah orang yang baik, sempat suatu hari Bakabon membuat robot dan berharap robotnya bisa bergerak, tapi sayang robot tersebut kosong (namanya juga orang bodoh), kemudian papa Bakabon memakai ‘kostum’ robot tersebut untuk menyenangkan hati Bakabon. Papa Bakabon diceritakan dulunya adalah orang pintar, tapi sepertinya ada yang salah di kepalanya setelah dia mengalami kecelakaan.

Papa Bakabon bahkan sudah menjadi ikon anime, menempati posisi ke 9 di polling 100 Karakter Anime Terfavorit Sepanjang Masa yang diselenggarakan TV Asahi.

Bakabon

flashback friday bakabon (7)

Bakabon awalnya adalah karakter utama seri ini, sampai papa Bakabon dengan segala karismanya menggantikan dirinya. Namun dia adalah anak yang sangat baik, mau bekerja menyemir sepatu untuk membelikan ibunya hadiah ulang tahun. Bakabon juga sering melakukan hal-hal aneh bersama bapaknya, seperti suatu saat mereka membuat sepatu kulit dengan bahan kulit cumi-cumi sehingga bisa dimakan bila lapar, sungguh pasangan bapak-anak yang aneh.

Hajime-chan

flashback friday bakabon (8)

Hajime adalah adik dari Bakabon, Hajime diberi nama “Hajime”/”Permulaan” supaya dia menjadi anak yang pintar dan berbakat. Sepertinya hal tersebut menjadi nyata karena Hajime ternyata langsung bisa berbicara, dia juga jenius dan pintar dalam berbagai macam hal. Ingat robot yang dibuat Bakabon? Saat papa Bakabon sudah tidak sanggup menjadi robot untuk Bakabon, Hajimelah yang membuat isi dari robot Bakabon supaya robot tersebut dapat bergerak. Bayi mana yang bisa merancang robot coba.

Mama Bakabon

flashback friday bakabon (6)

Adalah seorang ibu yang sangat baik dan berdedikasi kepada keluarganya, mama Bakabon adalah lulusan Universitas wanita Kuroyuri. Mama bakabon selalu saja menjadi penengah saat pasangan bapak-anak Bakabon melakukan hal yang bodoh, namun dia juga penyabar dan pemaaf.

Rerere no Ojisan

flashback friday bakabon (9)

Mungkin kakek inilah yang menjadi inspirasi musim keempat Bakabon. Kakek rerere sering terlihat menyapu jalanan di depan rumah Bakabon dan dia selalu terlihat memakai Yukata serta Geta yang sama dan menyapu sambil berkata “Rerere”.

Omawari-san

flashback friday bakabon (5)

Omawari-san adalah polisi lokal yang sering sekali dibuat marah oleh Bakabon dan karakter-karakter lainnya. Sifatnya yang pemarah digabungkan dengan pekerjaan polisi memperkeruh suasana karena dia suka menembak-nembak pistolnya tanpa alasan ke angkasa, bila kesal pun dia menembak-nembak secara random. Dia mudah dikenali dengan matanya yang biasanya menyambung antara mata kanan dan kiri, gigi bawah tonggosnya yang luar biasa besar dan lubang hidungnya yang cuma satu.

Bakabon adalah sebuah seri yang sangat lawas, lahir jauh sebelum saya lahir tapi entah kenapa humornya masih mengena. Memang biasanya seri-seri lama lebih humoris, seperti Bakabon, Hagemaru dan Kariage-kun. Mungkin beberapa orang akan menjadi sangat kesal bila melihat tingkah papa Bakabon dan Bakabon, tapi anggaplah semua itu hiburan semata.

flashback friday bakabon

Perpaduan drama rumah tangga dengan kelakuan pasangan bapak-anak yang sangat koplak dijamin akan membuatmu tertawa, Bakabon sangat saya rekomendasikan untuk semua kalangan.