Kios ‘Memancing Hamster’ di Festival Musim Panas Osaka Menuai Kontroversi dan Kecaman

August 3, 2014 7:10 pm
Kios ‘Memancing Hamster’ di Festival Musim Panas Osaka Menuai Kontroversi dan Kecaman

Kamu pastinya sering lihat adegan-adegan yang menggambarkan festival musim panas di Jepang lewat anime dan manga. Sering kali kamu akan disuguhkan dengan pemandangan banyak kios makanan dan permainan, seperti misalnya kios takoyaki, kios menembak hadiah atau kios memancing ikan mas. Namun ada yang menarik perhatian di kios festival musim panas tahun ini, yaitu memancing hamster!

memancing hamster (3) memancing hamster (4)

Walaupun sepertinya ini adalah ide yang lucu, beberapa tweet dari pengguna internet Jepang tidak terdengar lucu sama sekali, mereka mentweet kalau nasib para hamster ini jauh dari baik. Berikut adalah beberapa dari tweet mereka:

  • “Saat aku sedang berputar-putar di festival kemarin, aku melihat ada orang yang membuat kios permainan memancing hamster, aku tidak tahu jadinya bagaimana, tapi aku lihat pemiliknya dikritik banyak orang haha.”
  • “Pemilik kios pasti sedih sekali ya, orang-orang memintanya untuk menutup kiosnya.”
  • “Pastinya hamster-hamster itu sekarat ya.”

Melihat dari tweet-tweet tersebut, kemungkinan tempat kejadiannya adalah di kuil Kumata, di daerah Osaka. Selain itu ada juga tweet lain yang mengatakan “Orang-orang tertarik saat melihatnya, kemudian mereka menarik-narik(hamster)nya“. Berita ini pun sampai ke organisasi penyayang binatang di Osaka, dan ternyata ada laporan kalau tahun lalu pun permainan ini sempat dilakukan oleh beberapa pemilik kios lain. Organisasi penyayang binatang tersebut kemudian mengecam para pemilik kios ini:

“Kepada pemilik kios “Memancing Hamster”, kami harap anda menghentikan aktivitas tersebut, bila memungkinkan harap melihat masalah ini dari sudut pandang pecinta binatang, dari Osaka.”

memancing hamster

Mungkin ada yang menganggap hal ini lucu dan menggemaskan, tapi bila orang-orang yang memancing pun kasar sepertinya hal ini bisa dimasukkan dalam kategori penganiayaan binatang. Saya harap tidak ada hamster yang terluka dalam festival kali ini, tapi sepertinya harapan tersebut tidak bisa dipenuhi.

sumber: Yaraon