[JOI Travel] Desa Shirakawa, Model Dari Hinamizawa di “Higurashi no Naku Koro Ni”

August 6, 2014 6:10 pm
[JOI Travel] Desa Shirakawa, Model Dari Hinamizawa di “Higurashi no Naku Koro Ni”

Berapa otaku yang tidak tahu anime Higurashi no Naku Koro ni? Tapi tahukah kalian bahwa desain Hinamizawa didasarkan pada desa nyata? Kali ini Etherlite dari JOI berkesempatan untuk jalan-jalan ke tempat tersebut.

hnz

sh-go-1

Model dari desa Hinamizawa adalah desa Shirakawa (Berikutnya disebut Shirakawa-gou). Shirakawa-gou terletak di prefektur Gifu, 2 jam perjalanan dengan bus dari kota Nagoya. Cukup terpencil sampai pocket wifi yang saya sewa tidak dapat signal.

Desa ini cukup terkenal di dunia sebagai UNESCO world heritage dengan kekhususan rumah-rumah tradisional yang beratapkan ayaman jerami. Mungkin diantara kalian ada yang merasa kalau itu rumah yang mudah hancur, namun rumah-rumah tersebut kuat menahan berpuluh-puluh kilogram salju selama puluhan tahun. Mari kita lihat perbandingan desa Hinamizawa dengan Shirakawa-gou

sh-go-2

sh-go-3

sh-go-4

furude-1

Furude Shrine

sh-go-5

sh-go-6

sh-go-7

sh-go-8

sh-go-9

sh-go-10

sh-go-11

Bisa dilihat juga banyak ema bertemakan Higurashi digantungkan

sh-go-12
Rumah keluarga Sonozaki

sh-go-13
Rumah Ryuuguu Rena

sh-go-14
Irie Clinic

sh-go-15

Sayang beberapa tempat terlalu jauh untuk ditempuh dengan berjalan kaki, seperti rumah Maebara Keiichi dan gudang tempat penyimpanan peralatan untuk festival Watanagashi. Selain itu, keindahan desa dan udara yang bersih mengundang banyak turis dari dalam negeri dan mancanegara.

sh-go-16

sh-go-17

Terimakasih banyak kepada mbak-mbak di tourist information center, yang memberikan saya peta official Hinamizawa setelah saya memberanikan diri untuk bertanya “Kuil yang menjadi model di anime Higurashi no Naku Koro ni yang mana yah?” Setelah saya gagal menemukannya setelah berkeliling Shirakawa-gou selama 2 jam.