Toshio Suzuki Menyatakan Ghibli Belum Berakhir Begitu Juga Dengan Miyazaki

August 7, 2014 3:51 pm
Toshio Suzuki Menyatakan Ghibli Belum Berakhir Begitu Juga Dengan Miyazaki

Apakah kalian masih khawatir dengan kabar bahwa Studio Ghibli akan tutup dan berhenti memproduksi animasi untuk selamanya meskipun mereka tidak pernah secara langsung mengungkapkan hal tersebut?

Dalam sebuah interview yang pada situs cinematoday, direktur dan juga salah satu pendiri studo ini, Toshio Suzuki sekali lagi mengkomentari rumor negatif yang telah tersebar luas dan kembali menyatakan bahwa Studio Ghibli masih hidup, berfungsi dengan baik dan penuh dengan motivasi untuk membuat animasi.

suzuki

Toshio Suzuki menyatakan bahwa kondisi saat ini cuman masalah perubahan biasa tentang bagaimana studio animasi bekerja. Studio Ghibli tidak dibubarkan, melainkan, beradaptasi untuk menghadapi salah satu masalah terpenting yaitu biaya produksi. Memang salah satu masalah yang sedang dihadapi studio Ghibli saat ini adalah masalah finansial, seperti layaknya studio lainnya di industri animasi Jepang.

Dia membeberkan fakta bahwa saat ini studio animasi Jepang yang kesulitan finansial semakin sering melakukan outsourcing produksi animasinya ke negara lain di Asia, seperti misalnya Thailand.

ghibli-founder-fi

Salah satu pendiri studio Ghibli ini juga kembali menekankan, meskipun Miyazaki sudah menyatakan bahwa dirinya telah pensiun, dia hanya pensiun dari membuat “film layar lebar.” Tokoh penting studio Ghibli tersebut masih sangat terbuka untuk mengerjakan karya yang membutuhkan masa produksi yang lebih pendek, dalam bentuk film pendek, maupun serial anime pendek.

Saat ini studio Ghibli dipimpin oleh Toshio Suzuki, dia dan Miyazaki sendiri tampak bersemangat menantikan kontribusi kreator muda terhadap industri animasi.

sumber: Cinematoday lewat Seventhstyle