Bahaya Gangguan ADHD Dijelaskan Dalam Anime dan Live Action

August 8, 2014 7:37 pm
Bahaya Gangguan ADHD Dijelaskan Dalam Anime dan Live Action

Apakah kamu memiliki anak yang susah diatur atau relasimu memiliki anak yang tidak bisa diam, susah untuk fokus kepada satu hal dan mudah teralihkan perhatiannya? Mungkin mereka terkena gangguan ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

adhd 1 anime

ADHD adalah sebuah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan (wikipedia). ADHD biasanya ditandai dengan perhatian anak yang mudah teralihkan namun anak juga cenderung hiperaktif dan tidak bisa diam. Anak juga akan menjadi serba sulit dan mungkin akan menjadi sangat menyebalkan, namun bila itu terjadi, janganlah cepat marah kepadanya.

Bila dulu kita sempat melihat adanya anime yang ikut memperingati tentang bahayanya merokok, kali ini ada anime yang memperingati warga Jepang mengenai bahaya dan pentingnya merawat anak yang terkena gangguan ADHD. Walaupun anime ini sudah lama umurnya, namun baru-baru ini anime ini kembali mencuat lewat forum online terbesar di Jepang, 2ch.

Dalam anime ini kita bisa melihat bagaimana si bocah berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, bagaimana dia mudah teralihkan perhatiannya, selalu membuat ribut di kelas atau teman-temannnya jadi tidak suka bermain dengannya karena dia terlalu hiperaktif. Bahkan di rumah pun si bocah selalu membuat pusing ibunya, bahkan dia nyaris jatuh hanya karena mengejar sebuah balon di pusat perbelanjaan.

Pada akhir anime ini, para orang tua dihimbau untuk tetap menjaga dan mengawasi anak mereka. Anak-anak ini akan berusaha sangat keras menyangkut hal yang mereka suka, namun mungkin agak sulit bila menyangkut hal yang lain.

Selain itu, ada juga live action yang menjelaskan bagaimana pengaruh ADHD terhadap orang dewasa, dalam hal ini seorang mahasiswa yang kerap kurang memperhatikan suasana dan panik dengan berlebihan. Apakah kamu menemukan kemiripan dari caranya berinteraksi dengan dirimu?

Hati-hati bagi yang kamarnya berantakan, karena baik di versi anime maupun live action, kedua kamar terlihat sangat berantakan sehingga penderita menjadi gampang lupa dan kehilangan barang. Mungkin ini artinya saya harus mulai membereskan kamar.

adhd 1 live action

Dari kedua video tersebut terlihat kalau penderita ADHD sering kali tidak mengerti kenapa mereka melakukannya, atau kenapa lingkungannya tidak mendukung mereka. Karena itu, bila kamu memiliki relasi atau kenalan yang diduga menderita gangguan ADHD, cobalah untuk kamu rangkul dan mengerti akan keadaannya. Dengan melakukan itu saya harap perbuatan baikmu akan membuat harinya lebih ceria.

sumber: Kotaku