[Flashback Friday] Kobo-chan

August 8, 2014 10:15 pm
[Flashback Friday] Kobo-chan

Mungkin yang mengetahui sepak terjang Kobo dan keluarganya tidak terlalu banyak dibanding Doraemon atau Shinchan, tapi Kobo-chan tetaplah merupakan sebuah karya menarik yang mengupas kehidupan kocak seorang anak kecil beserta keluarganya di Jepang yang sempat tayang di layar kaca kita.

Kobo-chan bercerita tentang keseharian Kobo dan keluarganya, yang terdiri dari Ayah, Ibu, Kakek, Nenek, Paman, Bibi dan peliharaan keluarga, Anjing bernama Pochi dan Kucing bernama Si Manis. Kobo-chan ditayangkan pertama kali di salah satu stasiun televisi swasta tahun 2000 hingga 2001. Tapi komiknya masih bisa kita temukan di toko buku terdekat.

Dikarang oleh Masashi Ueda, yang juga menggambar komik komedi 4koma bergaya sama yang lebih dewasa berjudul Kariage-kun. Bagi yang belum baca saya sarankan coba, karena tidak kalah menarik dengan Kobo.

Karakter yang muncul di Kobo-chan antara lain;

E8Af

Kobo

Tokoh utama cerita. Anak laki-laki yang polos dan baik. Tapi sering terjebak situasi kocak yang membuat kita tertawa.
kouji_tabata_26332

Ayah

Ayah Kobo, karyawan di sebuah perusahaan swasta.
sanae_tabata_26333

Ibu

Ibu Kobo, ibu rumah tangga yang tegas dan kadang pelit.
iwao_yamakawa_26334

Kakek

Kakek Kobo, suka memanjakan cucunya. Syukurlah ia tampak selalu sehat kecuali beberapa kasus keseleo atau rematik yang suka dialaminya.
mine_yamakawa_26336

Nenek

Nenek Kobo, sering terlihat memasak bersama Ibu dan makan jeruk di bawah kotatsu.
4261ab5656073ba079887228a6ef88821307150789_full

Paman

Paman Kobo, seorang guru di sebuah sekolah. Kekar dan berbadan besar. Belum punya anak

Sama seperti cerita keluarga lainnya, Kobo tidak pernah menua, begitu pula dengan candaannya yang tetap segar meskipun sudah melewati beberapa satu dekade lebih. Para keluarga Kobo tetap kocak untuk ditonton atau dibaca di setiap situasi, meskipun ada sebuah strip komik yang sempat beredar di media sosial dimana digambarkan Kakek Kobo sudah meninggal dan menjadi hantu di sekitar Kobo. Tidak diketahui apakah strip itu asli dari pengarangnya atau tidak, tapi satu hal kalau memang asli saya akan sangat sedih.

Selain itu, cobalah mencoba menonton atau membaca Kobo-chan, yang cocok dinikmati dengan seluruh keluarga.