[Impresi JOI] Konser AFA ID 2014 Hari Pertama

August 18, 2014 5:04 pm
[Impresi JOI] Konser AFA ID 2014 Hari Pertama

Apalah artinya Anime Festival Asia tanpa konser Anisong berkualitas? Kali ini AFA kembali membawa artis anisong ternama, baik yang pertama kali, maupun yang datang kembali. Daftar artis AFA ID kali ini bisa kamu baca di artikel ini dan untuk hari pertama ini, artis yang tampil adalah Egoist, DJ Kazu, Hachioji-P dan Eir Aoi.

Konser AFA ID Hari pertama (2)

Gerbang Konser dibuka pada sekitar pukul 16.30 sore dan konser pun dimulai pada sekitar pukul 17.30. Konser dibuka dengan penampilan dari Egoist, dilanjutkan dengan DJ Kazu, Hachioji-P dan ditutup dengan penampilan Aoi Eir, berikut adalah impresi JOI kepada performa masing-masing artis tersebut.

Egoist

Konser AFA ID Hari pertama (4)

Bagi yang belum tahu, Egoist adalah sebuah unit pop solo dengan vokalis Chelly yang diproduksi oleh Ryo dari Supercell. Egoist menampilkan sebuah konser virtual, mirip dengan konser Miku Expo, dan disini Egoist menggunakan persona dari Inori Yuzuriha dari anime Guilty Crown. Egoist memilih persona Inori karena memang pada awalnya unit ini dibentuk untuk membuat lagu-lagu dari anime ini.

Saya cukup kagum dengan antusiasme para penggemar anisong yang datang untuk menonton performa mereka. Saat saya masuk ke konser, karena berbagai alasan saya sedikit terlambat namun para penggemar terlihat mengayunkan light sticknya dengan serempak, menemani musik yang mellow yang dibawakan oleh Egoist. Permainan laser dan lampu yang cukup baik pun ditampilkan sehingga membuat suasana konser semakin sendu.

Inori pun sempat melakukan monolog yang menyentuh hati sebelum akhirnya muncul untuk menyanyikan lagu Departure~Anata ni Okuru Ai no Uta~ setelah mengganti bajunya menjadi sebuah gaun putih.

Track List:

Namae no Nai Kaibutsu
Extra terrestrial Biological Entitites
All Alone with You
The Everlasting Guilty Crown
Planetes
Suki to Iwareta Hi
Departure ~Anata ni Okuru Ai no Uta~

DJ Kazu

Konser AFA ID Hari pertama (3)

Siapapun yang pernah datang ke AFA 2013 pasti kenal dengan sosok DJ murah senyum yang satu ini. Kali ini DJ Kazu kembali untuk memanaskan suasana di Anime Festival Asia Indonesia. Kali ini, dia tidak hanya akan bermain di luar atau menjadi opening act saja, tapi dia kembali sebagai salah satu artis yang bermain di konser utama! DJ Kazu tampil membawakan kurang lebih 18 lagu non stop!

AFAID14-140816-18-50-52-_DK_0021- resize

DJ Kazu langsung membakar semangat penonton dengan memutar lagu fripSide, Only my Railgun dan terbukti semua penggemar anisong langsung jumpalitan. Dalam daftar lagunya terdapat lagu-lagu dari anime Chuunibyou, Hanayamata, Kyoukai Senjo no Horizon dan masih banyak lagi. DJ Kazu juga memainkan lagu-lagu milik para idol dari Idolm@ster dan LoveLive! Namun saya merasa penampilannya kali ini kurang terasa old school. Berbeda dengan tahun lalu dimana DJ Kazu banyak membawakan lagu-lagu dari masa kecil yang membuat kita bernostalgia.

Pada saat DJ Kazu memutar lagu dari anime Anohana, Secret Base, sesaat saya terbawa ke suasana akhir AFA 2013 tahun lalu, dimana para penggemar DJ Kazu bersama-sama bernyanyi di depan JCC. Pada saat saya merasa DJ Kazu sudah menyelesaikan performanya, tiba-tiba aula konser dihajar oleh lagu pembuka Shingeki no Kyojin, Gurren no Yumiya. Spontan semua penggemar langsung menggila, dan tidak sampai situ saja, DJ Kazu pun meninggalkan turn tablenya untuk menyemangati para penonton, dan pastinya membuat penonton jadi lebih semangat.

AFAID14-140816-18-48-12-IMG_5610 - resize

Saya harap DJ Kazu akan memainkan lebih banyak lagu dari genre mecha di konser hari kedua.

Track List

fripSide – only my railgun (To aru Kagaku no Railgun OP)
ClariS – Reunion (OreImo 2)
Rinjin-Bu – Be My Friend (Haganai Next OP)
Ro-Kyu-Bu – Shoot! (Ro-Kyu-Bu OP)
Altima  – Burst the Gravity (Accel World OP2)
Chihara Minori – Terminated (Kyoukai Senjou no Horizon OP)
Utagumi Setsugetsuka – Maware! Setsugetsuka (Unbreakable Machine-Doll ED)
THE IDOLM@STER – READY!! (The Idolm@ster OP)
Love Live! – Natsuiro Egao de 1,2 Jump!
Team Hanayamata – Hana wa Odoreya Iroha ni Ho (Hanayamata OP)
Petit Rabbit’s – Daydream Cafe (Gochuumon wa Usagi Desu ka? OP)
Nanamori Chuu Goraku-Bu – Yuriyurararara Yuru Yuri Daijiken (Yuru Yuri OP)
ZAQ – Sparkling Daydream (Chuunibyou demo Koi ga Shitai! OP)
LiSA – Rising Hope (Mahouka Koukou no Rettousei OP)
Unison Square Garden – Orion wo Nazoru (Tiger and Bunny OP)
supercell – Kimi no Shiranai Monogatari (Bakemonogatari OP)
Kayano Ai, Tomatsu Haruka, Hayami Saori – secret base ~Kimi ga Kureta Mono~ (AnoHana ED)
Linked Horizon – Guren no Yumiya (Shingeki no Kyojin OP)

Hachioji-P

Konser AFA ID Hari pertama

Pada saat Hachioji-P naik keatas panggung, aula konser tiba-tiba riuh rendah dengan sahutan para penggemar. Sambutan yang sangat luar biasa, mengingat ini kali pertama Hachioji-P datang ke Jakarta. Hachioji-P adalah seorang produser electropop yang sering membuat lagunya dengan suara Hatsune Miku. Hachioji-P membuka konsernya dengan salah satu lagu andalannya, Game Over!

AFAID14-140816-19-19-27-_DK_0041-resize

Namun dia tidak hanya membawakan lagu gubahannya, seperti di lagu ketiga, dia membawakan lagu Just Be Friends yang aslinya diproduseri Dixie Flatline. Performa Hachioji-P didukung oleh pertunjukkan lighting yang seru, mungkin saya bisa bilang lighting saat Hachioji-P tampil adalah yang paling baik dan paling intens, bahkan mungkin bila dibandingkan dengan saat Eir Aoi tampil di akhir konser.

AFAID14-140816-19-24-01-_DK_0055

Hachioji pun memutar salah satu lagu terbarunya dari album terbarunya, Twinkle World yang akan keluar pada tanggal 27 Agustus mendatang. Twinkle World terlihat menggunakan persona versi ekstensi dari software Hatsune Miku yang pertama, Miku Append. Hachioji-P juga membawakan lagu-lagu lain seperti Weekender Girl sebelum kembali membakar suasana dengan lagu Black Rock Shooter dan menutup perjumpaan kali ini dengan memutar lagu Ai Kotoba. Hachioji-P kemudian membungkuk dalam sebelum akhirnya meninggalkan panggung.

Track List

Game Over
Sweet Devil
Just be Friends
fake doll
Freely Tomorrow
 Baby Maniac
 Happy Synthesizer
 Twinkle World
 Sweet Devil
 Weekender Girl
 Black Rock Shooter
 Tell Your World

Eir Aoi

Konser AFA ID Hari pertama (5)

Ini adalah kali ketiga Eir Aoi datang ke Jakarta, sama seperti DJ Kazu, Eir Aoi melakukan debut di AFA ID 2013, kemudian dia juga tampil di acara J-Music Lab yang diadakan di fX Senayan, Jakarta. Kali ini adalah kali ketiga Eir Aoi datang ke Jakarta dan kali ini dia datang bersama bandnya yang terpercaya.

AFAID14-140816-20-16-14-_DK_0077

Penampilan Eir Aoi dibuka dengan lagu Sanbika yang dibawakan dengan sangat bersemangat. Serentak para pengguna light stick yang warnanya bisa diubah mengubah warna light stick mereka menjadi warna biru, mengikuti nama dari sang artis, Aoi (biru). Eir Aoi melantunkan banyak lagunya, terutama yang menjadi lagu tema anime seperti Innocence dari Sword Art Online (ALO) dan Aurora dari Fate Zero. Pada saat Innocence dinyanyikan, diputar juga sebuah video klip bagaimana Kirito menembus penjagaan di dalam Yggdrasil.

AFAID14-140816-20-36-40-IMG_0021 - resize

Kemudian, saat suasana sudah mulai meredup, light stick dan tangan sudah mulai diturunkan, kepala sudah mulai mengangguk-angguk ngantuk, Eir Aoi kembali meledakkan suasana dengan menyanyikan Ignite, lagu pembuka dari Sword Art Online II. Sesuai judulnya, Ignite pun ‘menyalakan’ (literally igniting) semangat kembali ke ruh para penggemar membuat konser kembali naik ke puncak kemeriahannya.

Pada akhir konser, Eir Aoi menutup penampilannya dengan lagu Sirius, lagu pembuka dari anime buatan Studio Trigger, Kill la Kill. Sebelum pamit dari panggung, Eir Aoi kemudian memperkenalkan para anggota band yang dibawa bersamanya, dan maaf bila saya salah mendengar nama mereka, karena memang sound system di aula konser saat performa Eir Aoi sangatlah keras dan kuping saya masih berdenging sampai saat saya menulis artikel ini.

eir aoi bandfoto: sumber

  • Gitaris: Tsucchi
  • Bass: Nitta-chan
  • Drum: Maki-chan

Walaupun suara Eir Aoi kadang terdengar sedikit tertutup suara instrumen yang begitu kencang, atau kadang suaranya begitu tinggi sehingga membuat telinga sedikit berdenging, sampai sekarang, tapi konser AFA ID 2014 hari pertama dapat saya tutup dengan kata: Memuaskan!

Track List

Sanbika
Aurora
Innocence
Niji no Oto
Kasumi
IGNITE
Sirius

Setelah impresi kami yang satu ini, kami juga akan membuat impresi konser JOI untuk hari kedua lho, dimana DJ Kazu akan kembali membakar suasana bersama dengan Haruna Luna, GARNiDELiA dan tentunya T.M Revolution! Nantikan impresi kami selanjutnya ya!