[AFA ID 2014 Interview] Aza Miyuko dan Kisaki Urumi

August 21, 2014 4:59 pm
[AFA ID 2014 Interview] Aza Miyuko dan Kisaki Urumi

Saya yakin untuk artikel yang satu ini sudah ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar dari cosplayer masing-masing. Kali ini adalah giliran Aza Miyuko dari Korea Selatan dan Kisaki Urumi dari Jepang yang akan JOI dan rekan-rekan media lain wawancara. Aza Miyuko pastinya sudah banyak dikenal oleh para penggemarnya di Indonesia, dan Kisaki Urumi pun pastinya banyak dikenal karena teman-teman saya pun sering membicarakannya.

Keduanya datang dengan kostum spesialis mereka berdua, Aza datang dengan kostum Shironeko dari OreImo dan Kisaki Urumi datang dengan memakai kostum Boa Hancock dari One Piece. Berikut adalah hasil wawancara kami bersama Aza Miyuko dan Kisaki Urumi:

AD1I-18 AD1I-21

Q: Ini kan kali pertama kamu datang ke Indonesia, bagaimana menurutmu tentang cosplayer Indonesia dibandingkan cosplayer di negaramu?

Aza Miyuko (A): Kira-kira menurutku sama, tidak begitu berbeda. Tapi kalau di Korea, mereka lebih sering melakukan penampilan individu, walaupun memang cosplay sedang menanjak popularitasnya tapi berbeda dengan disini dimana penampilan grup lebih ditekankan.

A: Tapi yang pasti, saya yakin semuanya saling menikmati cosplay, dan itulah yang penting.

Q: Apa pendapatmu mengenai Indonesia dan cosplay di Indonesia?

Kisaki Urumi (K): Aku sayangnya belum melihat-lihat mengenai keadaan di Indonesia, tapi aku sudah sempat melihat sedikit keadaan di luar dan sepertinya mereka sangat bersemangat!

Q: Apakah game yang paling kamu suka dan game apakah yang paling sering kamu mainkan?

A: League of Legends, aku suka bermain game di komputer dan aku juga suka bermain di smartphone, seperti LoveLive!

K: Aku suka bermain game yang berhubungan dengan Mario *tertawa kecil*, selain itu aku juga suka bermain game vocaloid, Project Diva. Aku juga suka bermain Mario Kart.

AD1I-15

Q: Untuk Aza Miyuko, Kemarin kamu tampil di WCS, dan melakukan sebuah adegan aksi dengan melakukan Hurricanrana. Dari mana ide untuk melakukan itu, dan bagaimana latihannya?

A: Saat berada di kompetisi itu aku sedang berada di sebuah grup aksi bernama CSL. Semua karakter ini fokus dalam melakukan cosplay karakter dari seri aksi, dan memang dari kecil aku sudah belajar taekwondo dan secara dasar sudah sering berlatih tanding. Kemudian grup tersebut memberiku ide untuk melakukan Hurricanrana dan aku berlatih bersama mereka.

Q: Apakah kriteria terpenting bagi kalian saat memilih karakter untuk di cosplay.

K: Pertama-tama, yang pasti aku harus cinta dengan karakternya, kemudian yang kedua pastinya aku harus bisa memerankan karakter itu dengan secocok mungkin. Bila karakter yang harus aku mainkan adalah bapak-bapak tua, sepertinya aku tidak akan bisa memainkannya.

A: Aku akan mencari karakter yang mirip denganku, sehingga aku bisa memerankannya dengan baik. Aku juga akan melakukannya dengan reaksi dari orang-orang di sekitarnya, bila aku mendapat reaksi yang banyak dan positif maka aku akan melakukan cosplay tersebut, jika tidak, maka aku tidak akan melakukannya.

Q: Aza, kamu kan baru saja merilis photobook kamu, apakah kamu punya tips untuk orang-orang di luar sana supaya mereka dapat menjadi cosplayer yang sukses sepertimu?

A: Jangan terlalu terpaku kepada karakter yang kamu perankan, fokuslah kepada bagaimana kamu menikmati cosplay itu sendiri. Seiring dengan waktu berjalan, nanti kamu akan mendapatkan ‘feeling’ karakter tersebut, dan kamu akan terbiasa dalam memerankannya.

AD1I-20
Q: Apakah kamu pernah mengalami pengalaman buruk saat cosplay? Mungkin ada kecelakaan, costume malfunction, atau komentar-komentra buruk?

K: Waktu aku cosplay menjadi Sheryl (Nome), saat itu talinya tiba-tiba lepas, dan aku menjadi panik *tertawa*

Sayangnya hanya inilah yang sempat JOI dan rekan-rekan media lainnya tanyakan kepada Aza Miyuko dan Kisaki Urumi, namun saya harap ada banyak pertanyaanmu yang terjawab lewat wawancara diatas. Tapi jangan lupa masih ada wawancara bersama Richfield dan Pinky dari dalam negeri lho, juga beberapa artis AFA ID lainnya!