[AFA ID 2014 Highlight] Booth GSC Laris Manis, Apakah Karena Popularitas KanColle?

August 22, 2014 7:58 pm
[AFA ID 2014 Highlight] Booth GSC Laris Manis, Apakah Karena Popularitas KanColle?

AFA ID 2014 bukan hanya tentang anime saja, tapi tentunya juga tentang merchandise resmi yang dibawa perusahaan mainan masing-masing seperti Good Smile Company dan Bandai. Seperti tahun-tahun sebelumnya, keduanya membawa merchandise edisi terbatas yang biasanya tidak dijual di toko. Hal tersebut kerap kali menimbulkan antrian yang panjang untuk membeli satu atau dua barang terbatas dari booth kedua perusahaan, tapi tahun ini ada sesuatu yang berbeda dibawa oleh GSC, Figma Kaga dan Nendoroid Wo-Class membuat antrian booth Good Smile Company menggila sampai ke luar venue.

kaga wo gsc kaga wo gsc (2)

GSC membawa 6 merchandise edisi terbatas, mereka adalah: Nendoroid Sakura Miku, Nendoroid Asuna Titania, Nendoroid Levi Cleaning ver., Nendoroid Wo-Class Aircraft Carrier, Figma Levi Cleaning ver. dan Figma Kaga dari Kantai Collection.

Sebagai baik kolektor, pemain Kantai Collection dan penggemar Kaga sang carrier minim emosi, tentunya saya sangat senang mendengar berita ini dan menyiapkan dana yang cukup untuk carrier pujaan saya. Mengingat saya memiliki sebuah media pass, saya bisa masuk sebelum pengunjung lain (walaupun media pass baru dibagikan pada pukul 9.50). 10 menit sebelum gerbang dibuka ternyata sudah ada antrian dari para exhibitor yang ternyata sudah mengantri sejak pagi.

AD1T-26

Saya pun menyempatkan diri untuk mewawancarai pengunjung yang mengantri di belakang saya, Anthony,

Saya sudah mengantri sejak pukul 6 pagi, dan untungnya antrian tahun ini cukup manusiawi karena tiket sudah bisa diredeem sehari sebelumnya. Saya tidak mengincar Kaga dan Wo-Class sih, tapi ada yang menitipkan item tersebut pada saya.

Untuk hari kedua saya datang sedikit lebih pagi, sedikit dibawah jam 6 tapi kali ini sudah ada lebih banyak yang mengantri, mungkin karena libur ya. Karena fokus saya mendapat tanda tangan artis saya jadi tidak begitu mempedulikan loot. Menurut saya GSC sengaja membawa sedikit stok dan dibagi untuk 3 hari sehingga setiap harinya terlihat hanya sedikit yang keluar.

Pada hari pertama antriannya sudah luar biasa panjang, setiap pengunjung dibatasi hanya bisa membeli 1 merchandise tiap merchandise limited, itupun banyak yang membeli 3 atau 6 merchandise terbatas sekaligus. Menyebabkan habisnya Kaga saat saya sampai di depan kasir. Beruntung salah satu teman saya mengambilkan Kaga untuk saya saat Figma Kaga distok ulang.

AD1C-8

Di hari kedua pun tidak jauh berbeda, saya datang pada jam 9:15 dan antrian sudah mengular sampai ke luar gedung. Rupanya sejak gerbang dibuka pengunjung langsung mengantri. Saya juga mendapat berita kalau para pemilik kalung exhibitor pun tidak diperbolehkan mengantri supaya memberi kesempatan yang adil bagi para pengunjung lain.

Di hari ketiga, sebelum gerbang dibuka saya berhasil menghindari kemacetan dan datang lebih awal. Namun Figma Kaga sudah ditulis habis, stand GSC sudah tidak memiliki Kaga, Nendoroid Wo-class pun terlihat hanya tinggal sedikit. Apakah ini disebabkan oleh populernya game Kantai Collection?

Untuk menjawab pertanyaan itu, saya menanyakan beberapa pengunjung lain mengenai mengapa Nendoroid Wo Class atau Figma Kaga bisa begitu populer.

AD1T-6

Seorang pengunjung bernama Joenathan berkata

Datang jam 9, ngantri di VIP, ngantri di GSC, di PHP sama exhibitor pass, di PHP toko dan lain-lain.” katanya “Saya lebih demen Kaga, ga demen nendo sih, tapi tertarik Wo Class soalnya bisa nyala dipake jadi lampu tidur. Kenapa cepat habis? Salahkan exhibitor yang bawa kroco-kroco ngantri sebelum buka, dan sistem limited item bisa dibeli 1 di setiap item (pada hari pertama) membuat barang cepat habis!

Setelah itu saya mengontak Joenathan yang ternyata kehabisan Kaga di AFA ID 2014 tidak membuatnya patah semangat, dia membeli versi Wonder Festivalnya “Iya, saya beli yang versi Wonfes, tapi lihat saja kalau di BOTT ada lagi Kaga, saya sikat lagi itu.

Pengunjung lain bernama Iman bahkan memiliki pengalaman yang tidak kalah seru,

Alhamdulillah, saya antri dari sekitar jam setengah tujuh, tahun ini saya sebenarnya lebih mengincar Black Dino Getternya karena saya dengar hanya terbatas 10 item saja, untung perjuangan saya terbayar. Saat mengantri di booth GSC pun antriannya lebih teratur dari tahun lalu, salut kepada staf yang mengurusi kami di antriannya.

Sayangnya di hari pertama saya salah strategi sehingga tidak berhasil mendapat apa-apa. Di hari kedua saya berhasil mendapatkan Wo-kyuu, sembari menunggu konser Anisong, saya mendedikasikan hari itu untuk mencari Wo-kyuu. Saya mengantri sampai 3 kali, awalnya sih tidak terbayar, tapi Alhamdulillah terbayar, setelah ibadah Dzuhur, saya mengantri lagi karena tidak terlalu banyak yang mengantri, dan mungkin pegawainya ingat dengan muka saya, sebelum saya sampai di kasir dia pun mengeluarkan 2 buah stok Nendoroid Wo-kyuu! Langsung sikat deh, hehehe, setelah itu booth GSC kembali penuh dengan antrian.

Seingat saya Kaga dan Wo-kyuu itu barang dari WonFes 14 kemarin kan ya, dan disana juga laku keras. Kalau dibilang karena hype KanColle juga tidak terlalu berpengaruh, karena banyak yang beli bukan penggemar atau pemain KanColle. Malah karena desain karakter yang bagus membuat mereka dibeli dan itulah salah satu faktor yang membuat KanColle bisa sukses sampai sekarang.

antrian GSC sampai belakang

Banyak orang yang rela berdesakan, bahkan mengantri berulang-ulang demi mendapatkan kesempatan untuk membeli barang-barang edisi terbatas ini. Memang, baik Wo-Class maupun Kaga belum dirilis, kecuali bagi mereka yang sempat berkunjung dan mendapatkannya di Wonder Festival 2014 Summer kemarin, bahkan untuk Wonder Festival pun hanya disiapkan 2500 buah saja untuk masing-masing merchandise, saya ragu AFA dapat mendatangkan barang sebanyak itu.

Walaupun menurut orang beda-beda, saya tetap percaya pihak GSC bukannya tidak ingin mengeluarkan lebih banyak untuk memuaskan para pelanggan, tapi memang sengaja dibawa dikit supaya menjaga kelangkaannya. Walaupun mungkin beberapa dari barang-barang ini tidak jatuh ke tangan kolektor.

Bagaimana dengan pengalaman kalian? Apakah ada yang ikut berjuang untuk mendapatkan barang-barang edisi terbatas ini? Adakah yang berhasil mendapatkan merchandise edisi terbatas dari booth GSC?

Picture credit: Nicho H.