[Impresi JOI] LiSA x AFA ID 2014 Special Event in Jakarta

August 25, 2014 7:16 pm
[Impresi JOI] LiSA x AFA ID 2014 Special Event in Jakarta

Pada hari Sabtu tertanggal 23 Agustus 2014, seminggu setelah digelarnya gelaran Anime Festival Asia Indonesia 2014, penyanyi Anisong terkenal LiSA melakukan konser solo di Jakarta. Sama seperti saat konser May’n bulan Mei lalu, Konser LiSA diadakan di Upper Room di gedung Annex, tepat di belakang hotel Pullman, Thamrin.

LUC2014-3

Konser yang digelar memiliki tema akustik, menurut LiSA karena konser akustik membuatnya merasa lebih dekat dengan penonton dan lebih mudah bila ingin melakukan improvisasi. Gerbang konser dibuka pada pukul 15:00 dan konser dimulai sekitar pukul 16:00. Berikut adalah impresi JOI terhadap konser yang menambah beban gagal move on kepada banyak orang ini.

Konser dibuka dengan salah satu lagu andalan dari LiSA yaitu Crossing Field yang menjadi lagu pembuka seri Sword Art Online. Sayangnya suara saat memainkan lagu ini terasa sangat keras, seperti saat konser Aoi Eir, namun bisa juga karena ruangan konser yang lebih kecil membuat suaranya terdengar terlalu keras. Tapi tentu suara saja tidak menyurutkan semangat para penonton yang sukses terbakar semangatnya.

LUC2014-6

Setelah itu LiSA mengajak para penonton untuk bersama-sama menyanyi dan melakukan koreografi ‘senam’ spesial sambil menyanyikan lagu Say My Name no Kata Omoi bersama para penonton, walaupun butuh beberapa kali sampai bisa, tapi pada akhirnya LiSA dan para penggemarnya bisa menarikannya dengan kompak. Lagu keempat adalah Ichiban no Takaramono yang tentunya disambut sorakan meriah para penonton. Di tengah lagu sebelum chorus terakhir, ada sedikit momen dimana LiSA tiba-tiba terdiam, dan para penonton pun berusaha untuk diam dan menghayati (good job guys) sebelum akhirnya menyanyikan chorus terakhirnya.

Setelah Ichiban no Takaramono selesai, musik berhenti dan LiSA menyapa para penggemarnya dengan teriakan “Kangen saya ya?!” yang pastinya disambut meriah dengan sorakan penonton. LiSA mengambil kesempatan ini untuk berbincang sedikit kepada para penggemar, LiSA mengatakan makanan apa saja yang sudah dicobanya, “Nasi goreng, bebek, bener? Enak lho! Aku juga makan sambelnya, aku suka makanan pedas!“. Kesempatan ini juga digunakan untuk sesi tanya jawab dengan LiSA berdasarkan pertanyaan yang ditanyakan penggemar di halaman Facebooknya, sesi tanya jawab ini akan kami ulas di artikel yang terpisah.

LUC2014-10

Selesai sesi tanya jawab, kru konser mengatur peralatannya sebentar yang mengharuskan LiSA untuk berkata “little wait!” yang menurut saya lucu. Setelah selesai pengaturan peralatan LiSA langsung berteriak “Ayo keluarin suaranya!! Wooooo!!!” dilanjutkan dengan menyanyikan Traumerei yang kembali terdengar agak terlalu keras karena ruangannya yang kecil.

Setelah itu LiSA melanjutkan konsernya dengan lagu barunya, Bright Flight, lagu yang sangat ceria dengan beat yang cepat membuatnya mudah disukai. Terakhir adalah Rising Hope, seperti yang sudah saya duga, walau saya sedikit sedih saat itu karena LiSA belum menyanyikan Oath Sign. Rising Hope adalah lagu pembuka untuk anime Mahouka yang pertama sebelum digantikan dengan lagu GARNiDELiA yang berjudul Grilleto.

LUC2014-18

Setelah LiSA turun dari panggung, tentu saja para penonton pun meneriakkan encore, yang hebatnya sangat kompak. Terdengar sesekali ada yang mengaba-aba supaya irama encore penonton tetap kompak, kalian adalah penonton yang sangat hebat. Walaupun tidak selama dan sesemangat para penonton T.M.R pada AFA ID (mungkin karena LiSA tidak sadis seperti T.M.R) LiSA kemudian keluar menjawab sorakan para penontonnya dengan memakai gabungan kimono dari batik dan rok tutu.

LiSA pun menanggapi “Arigatou ne, encore… ee Dou desu ka? Bagus? Bagus ne?” katanya sembari sedikit tersipu. “Ini adalah konser solo pertamaku di Indonesia, terima kasih kalian semua mau datang ke konserku, aku senang sekali kalian datang. Terima kasih juga untuk semua staf AFA ID 14, karena mendatangkan staf dari Jepang ke Indonesia bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan setiap hari.

Lisa foto bareng di facebook

Setelah itu LiSA berkata “Aku akan datang lagi? Janji?” seakan menanyakan kepada para penonton. “Oke, tapi untuk mengingat hari ini mari kita foto bersama!” dan para staf mengatur supaya para penonton dapat berfoto bersama. “Fotonya akan masuk ke Facebook lho, dicek ya!” tambah LiSA. “Karena hari ini spesial, aku akan menyanyikan lagu yang spesial juga. Oath Sign versi spesial, tolong bernyanyi bersama saya sedikit lagi.

Selesai menyanyikan Oath Sign (yang sukses membuat saya merinding), LiSA mengumumkan sesuatu “Mau saya datang lagi? Oke, koko de, special announcement, big news, special news, nanti malam, di facebook akan ada pengumuman penting.” yang adalah sebuah pengumuman akan adanya web show baru LiSA.

LUC2014-19

Setelah itu, mungkin inilah pertama kalinya saya mendapatkan 2 lagu di sesi encore, “Mau dengar saya nyanyi lagi? Are you ready??” teriak LiSA. Takjub, para penonton tertegun sedetik sebelum kemudian bersorak sorai. “Ini adalah lagu yang benar-benar-benar terakhir kali ini!” LiSA pun menutup konsernya dengan menyanyikan Crow Song, versi akustik tentunya.

Untuk yang belum move on atau belum bisa datang ke konser LiSA kali ini, tenang saja karena setelah selesai LiSA berteriak “Terima kasih! Pasti datang lagi!!” yang akan memberimu harapan untuk menyongsong esok hari dengan bayangan konser LiSA yang berikutnya. “Saya cinta Indonesia!” tutup LiSA.

LUC2014-25

Setelah selesai konser, para penonton dibagikan poster bertanda-tangan LiSA dan sebuah kesempatan untuk berpamitan secara langsung dengan LiSA. Sungguh suatu konser yang berkesan baik bagi LiSA dan para penggemarnya.

Track List

Crossing Field
Waratte Hoshikute

Say My Name no Kataomoi
Ichiban no Takaramono
Tanya-Jawab
Traumerei
BRiGHT FLiGHT
Rising Hope
Encore
Oath Sign
Crow Song