Toshio Suzuki Menunjuk Hideaki Anno Sebagai ‘Penerus’ Hayao Miyazaki

August 27, 2014 9:35 am
Toshio Suzuki Menunjuk Hideaki Anno Sebagai ‘Penerus’ Hayao Miyazaki

Co-founder, mantan presiden dan juga Produser dari Studio Ghibli, Toshio Suzuki, tampil di sebuah acara bersama dengan Hideaki Anno yang terkenal lewat seri Evangelion untuk mengumumkan daftar lengkap 50 karya Anno dari saat dia masih kuliah hingga acara TV dan film layar lebar yang akan ditayangkan pada Tokyo International Film Festival (TIFF) pada tanggal 27 Oktober di program yang bertajuk “The World of Hideaki Anno.”

annomiyazakisuzuki

Di hadapan pengunjung, Suzuki berbicara tentang peran Anno di masa depan anime Jepang dan juga menyinggung sedikit tentang siapakah yang berhak menjadi ‘penerus’ Miyazaki. Dia bersikeras bahwa setelah Miyazaki, era berikutnya adalah Anno.

Suzuki jugalah yang menyarankan panitia TIFF untuk menghadirkan karya-karya Anno sebagai pusat acara tersebut. Dia menjelaskan “Hayao Miyazaki pasti ditampilkan (karyanya) jika ia tidak pensiun.” Anno menerima tawaran tersebut karena dia tidak bisa mengatakan tidak terhadap Suzuki karena dia telah begitu banyak berjasa terhadap dirinya.

“Aku yakin Anno akan menjadi seseorang yang memimpin animasi Jepang di dekade berikutnya,” kata Suzuki. “Hanya orang berbakat yang dapat membuat. Saya ingin dia menghargai bakat yang diberikan Tuhan dan terus berkarya,” tambah Suzuki. Namun mengingat tanggung jawab Anno terhadap studio yang didirikannya, Khara, Suzuki menyatakan tidak ada rencana untuk Anno mengambil peran di studio Ghibli.

annomiyazaki

Hideaki Anno memiliki hubungan erat dengan Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki, karena dia pernah bekerja di studio tersebut sebagai seorang animator untuk film Nausicaa of the Valley of The Wind. Anno sangat mengejutkan para staf, bahkan Toshio Suzuki pernah mengatakan bahwa ada rencana untuk membuat trilogi Nausicaa dengan Anno sebagai salah satu sutradaranya.

sumber: crunchyroll