Hello Kitty Itu Kucing Atau Bukan?

August 28, 2014 10:23 pm
Hello Kitty Itu Kucing Atau Bukan?

Berapa banyak diantara kalian yang sudah tahu dan kaget membaca berita yang mengabarkan bahwa katanya Hello Kitty itu bukan kucing? Ya, menurut antropologis dari University of Hawaii yang bernama Christine R. Yano, Sanrio selaku perusahaan yang memproduksi karakter Hello Kitty melakukan koreksi atas tulisan yang ia buat dengan:

“Hello Kitty bukanlah seekor kucing. Dia adalah karakter kartun. Dia adalah seorang anak kecil. Dia adalah teman. Tapi dia bukanlah seekor kucing. Dia tidak pernah digambarkan berjalan dengan empat kaki. Dia berdiri dan duduk seperti makhluk berkaki dua. Hanya saja dia mempunyai kucing peliharaan, yang dinamakan Charmmy Kitty.”

Saya yakin banyak yang langsung teriak “My Whole Childhood Was a Lie!” Tapi benarkah begitu? Apakah Hello Kitty benar-benar bukan kucing? Belum tentu.

Menurut situs Kotaku yang menghubungi Kantor pusat Sanrio di Tokyo untuk menkonfirmasikan apakah Hello Kitty adalah kucing atau bukan mendapat penjelasan dari seorang perwakilan perusahaan tersebut, “Hello Kitty didesain dengan motif seekor kucing. Terlalu berlebihan mengatakan kalau Hello Kitty bukanlah seekor kucing. Hello Kitty adalah personifikasi dari seekor kucing,” jawabnya.

hellokiti2

Secara spesifik, perwakilan tersebut menggunakan kata “gijinka” untuk menjelaskan Hello Kitty, yang memiliki arti “personifikasi”. Untuk lebih memperjelas, Kotaku kembali bertanya, “Jadi, terlalu berlebihan mengatakan kalau Hello Kitty bukanlah kucing?” “Ya, terlalu berlebihan.” Jawab perwakilan perusahaan sanrio.

kitty

Kotaku sendiri mencoba membandingkan Hello Kitty dengan Mickey Mouse, karena keduanya bisa dibilang sama-sama merupakan sebuah personifikasi dari sebuah binatang. Orang pasti memahami bahwa Mickey Mouse bukanlah tikus sungguhan, sama halnya dengan Hello Kitty yang bukanlah kucing sungguhan, mereka adalah sebuah karakter. Dan seperti namanya, Mickey itu tikus dan Kitty itu kucing. Apa pendapat kalian?

sumber: Kotaku