Konfirmasi Penyelenggara Terkait Isu Booth Bootleg/KW Di Anime Festival Asia Indonesia 2014

August 30, 2014 6:30 pm
Konfirmasi Penyelenggara Terkait Isu Booth Bootleg/KW Di Anime Festival Asia Indonesia 2014

Seperti sudah tradisi tahunan, bahwa akan ada satu atau dua isu merebak setelah pelaksanaan sebuah acara animanga besar. Acara sekaliber AFA yang baru kelar beberapa minggu lalu pun tidak luput dari “tradisi” ini, dimana sebuah isu dibahas hangat di media sosial menyoal munculnya serangkaian booth yang menjual barang KW/Bootleg di acara yang seharusnya bersih dari benda semacam itu.

Isu ini pertama kali diangkat oleh seorang blogger yang ulasannya dapat dilihat disini. Bahasan itu kemudian berkembang menjadi topik hangat selama beberapa hari dengan berbagai sudut pandang menyuarakan pendapatnya. Rata-rata menyayangkan lolosnya booth yang disebut dalam ulasan tersebut dari pengawasan penyelenggara, dengan beberapa bahkan menyimpulkan bahwa penyelenggara memang tidak mengawasi booth peserta sebagaimana mestinya, namun apakah benar seperti itu?

14792613029_7394f6c97a_o

Ditemui di sela-sela kesibukannya setelah menyelesaikan rangkaian acara terakhir dari AFA ID 2014, yaitu LiSA – Special Concert di Upperroom, Shawn Chin selaku kepala dari penyelenggara AFA, SOZO menyatakan;

“AFA sama sekali tidak mengijinkan adanya booth yang menjual barang KW/Bootleg untuk memasuki acara kami.” Sebagai konfirmasi dari anggapan bahwa ‘AFA tidak memperdulikan boothnya menjual barang KW atau asli’.

“Salah satu proses utama dari penyewaan booth untuk AFA adalah penandatanganan dan persetujuan kontrak oleh kedua belah pihak, penyewa dan penyelenggara. Salah satu klausul utama yang tertulis jelas dalam kontrak yang dimaksud adalah “Dilarang memperjualbelikan barang bootleg”. Dan semua booth tanpa terkecuali diharuskan menandatanganinya.”

“Kami curigai booth tersebut mengirimkan sampel barang yang berbeda dengan apa yang akan mereka jual di booth. Saat acara berlangsung dan semua staff sedang sibuk, mungkin mereka mengeluarkan stok barang KW tersebut tanpa sepengetahuan kami.”

“Jika berita tersebut (booth yang dimaksud menjual barang KW) memang benar, berarti mereka melanggar kontrak yang telah disepakati. Hal ini akan kami telusuri dan jika memang terbukti, akan kami blacklist dari acara-acara kami selanjutnya”.

14956313646_9b5ddc2a2c_o

Itulah pernyataan terbuka dari sang penyelenggara. Semoga kedepannya AFA ID 2014 bersih dari barang berkualitas KW, diikuti oleh acara-acara lainnya!

Gambar diambil dari blog nekoroid