New 3DS Akan Blokir Situs ‘Berbahaya’ Kecuali Kamu Membayar Kepada Nintendo

August 31, 2014 1:20 pm
New 3DS Akan Blokir Situs ‘Berbahaya’ Kecuali Kamu Membayar Kepada Nintendo

Kamu pasti sudah familiar dengan fitur “Internet Sehat” yang digalakkan oleh Kemenkominfo sejak beberapa tahun belakangan ini, dan pastinya hal tersebut memudahkan pemerintah untuk menyaring konten internet yang baik dan benar bagi para penggunanya. Walaupun menurut saya fitur ini tidak terlalu sehat bagi yang ingin raganya lebih ‘sehat’, tapi setidaknya ini mencegah anak dibawah umur melihat konten yang harusnya dilihat orang dewasa.

internet filtered

Mungkin, mungkin Nintendo mengetahui hal ini dan beraspirasi membuat “Nintendo Sehat” dengan menanamkan sebuah fitur yang akan menyaring dan memblokir situs-situs yang sekiranya ‘berbahaya’ bila dilihat oleh anak kecil. Namun bila kamu sudah cukup umur, atau kamu tidak membatasi anakmu ‘melihat dunia’, maka kamu bisa mengangkat fitur blokir tersebut dengan membayar sejumlah uang lewat kartu kredit.

3DS internet block

Konsol genggam ini dilengkapi dengan filter internet yang dapat dibatalkan setelah kamu mendaftarkan kartu kreditmu, dimana kamu akan dikenakan biaya sebesar 30 yen atau sekitar 3500 rupiah. Menurut Nintendo, fitur ini akan mencegah anak untuk melihat situs-situs tertentu yang tidak baik bagi perkembangan mereka, karena untuk mematikan filter ini mereka butuh kartu kredit yang berarti harus sepengetahuan orang tua.

Mungkin bila dengan membayar 3,000 rupiah dan fitur “Internet Sehat” bisa diangkat, bisa jadi semua orang akan berbondong-bondong membayarnya ya?

Sumber: Crunchyroll