Malas Meminta Maaf? Perusahaan di Jepang Yang Akan Meminta Maaf Untukmu

September 1, 2014 1:33 pm
Malas Meminta Maaf? Perusahaan di Jepang Yang Akan Meminta Maaf Untukmu

Apakah kamu terlalu sibuk di kegiatan sehari-hari untuk meminta maaf? Kamu malu untuk mengakui kesalahanmu pada seseorang karena mungkin kamu pernah ngotot merasa tidak bersalah? Mungkin kepalamu terlalu tinggi untuk menunduk ke bawah? Atau mungkin kamu memang sombong bukan kepalang? Berbahagialah karena kini kamu bisa membayar orang lain untuk meminta maaf untukmu.

Namun bukan berarti bisnis ini semata-mata dibentuk bagi orang yang ingin lari dari tanggung jawab. Banyak orang yang takut tidak bisa mengekspresikan penyesalan yang mendalam saat meminta maaf, membuat pihak yang diminta maaf tersinggung karena merasa peminta maaf tidak serius dalam ucapannya dan memperkeruh masalah. Disinilah perusahaan ini menawarkan jasa ‘perantara’ maaf yang dijamin sang perantara akan menyampaikan permohonan maaf yang paling tulus yang jauh lebih tulus daripada saat kamu yang meminta maaf.

berat meminta maaf

Bagaimana cara agensi ini meminta maaf bervariasi tergantung dengan situasi dan keadaan kliennya. Contohnya, kamu punya pacar yang kurang ajar? Mereka bisa mengirim seseorang yang berpura-pura menjadi orang tuamu untuk turun tangan dan memaksa pacarmu putus. Mungkin juga mereka bisa menelepon ke kantor berpura-pura menjadi istrimu dan memberitahu kantor kalau kamu sakit, misalnya kamu tidak bisa berakting sakit dan dengan syarat, kamu harus sudah punya istri.

Beberapa agensi meminta maaf sudah dibuka di Jepang, mereka adalah:

  • Shazaiya Aiga Pro: 25,000 yen untuk permintaan maaf secara langsung dan 10,000 yen untuk permintaan maaf lewat email dan telepon. Mereka buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
  • Yokohama Benriya Natchan: Biaya akan dihitung lewat konsultasi telepon, mereka juga menawarkan produk “meminta maaf sambil menangis” yang sangat efektif terhadap orang yang sedang marah.
  • Nihon Shazai Daikokao: Pembayaran berdasarkan durasi, 3,500 yen per jam.

Perusahaan ketiga sepertinya menawarkan harga paling bersaing, namun tidak jarang permintaan maaf berlangsung selama berjam-jam sampai 12 jam saat memutuskan pacarmu, menurut wawancara NHK.

berat meminta maaf (3)

Pastinya, bisnis macam ini akan menuai kritik dari berbagai pihak, namun belum ada yang melaporkan berita negatif mengenai perusahaan semacam ini menurut NHK. Bagaimana tidak menuai  kritik? Bayangkanlah apa rasanya ada orang meminta maaf atas kesalahan orang lain, namun orang lain tersebut sedang enak-enak bersantai, bermain golf, pacaran dengan selingkuhan atau perbuatan tidak bertanggung jawab lainnya.

sumber: Rocketnews
gambar: pixiv/baruterome pixiv/hibamain