[Monday Music] Sawano Hiroyuki

September 8, 2014 9:47 pm
[Monday Music] Sawano Hiroyuki

“I SAID CRYIAI~~~~!” . Familiar? Potongan lirik yang cuma terdengar seperti padahal lirik aslinya sangat berbeda dan ditulis dengan “unik” itu berasal dari salah satu lagu soundtrack anime yang sedang naik daun saat ini, Aldnoah/Zero yang dibuat oleh komposer yang juga sedang ramai diperbincangkan, Sawano Hiroyuki.

Nama komposer ini mulai dikenal dikalangan penikmat showbiz Jepang saat lagunya menghiasi salah satu adaptasi dorama dari manga rumah sakit terkenal, Team Medical Dragon dan Gundam Unicorn. Karirnya sebagai musisi dimulai sejak kecil dimana ia mempelajari piano dan komposisi, aransemen, serta materi musik lainnya dibawah Nobuchika Tsuboi. Ketertarikannya untuk mengkomposisi dimulai sejak SD saat ia menikmati soundtrack dari game Dragon Quest.

Karirnya kemudian berlanjut setelah ia lulus dari sekolah musik dan mulai mengirim kaset demo musiknya ke berbagai perusahaan. Selain itu ia juga aktif mengikuti berbagai kompetisi musik sebelum akhirnya direkrut oleh sebuah perusahaan musik. Tak lama ia langsung meninggalkan perusahaan itu untuk berkonsentrasi membuat musik untuk film. Akhirnya ia direkrut oleh label Legendoor setelah mereka mendengar demo yang dibuat oleh Sawano.

Tidak hanya anime, dorama, dan film. Ia juga mengaransemen berbagai musik untuk berbagai artis seperti RIP SLYME, Akikawa Masafumi dan juga Aimer. Sawano juga membuat sebuah grup yang berkonsentrasi untuk membuat gubahan lagu vokal dengan berkolaborasi bersama beberapa artis. Salah satunya adalah Aimer, yang telah tergabung dalam grup yang dikenal dengan nama “SawanoHiroyuki[nZk]”

Komposisinya yang khas dan lagunya yang dinamai dengan “unik” dan lirik yang “aneh” membuat karya-karya Sawano Hiroyuki dengan cepat langsung menempel di telinga. Dan meskipun banyak orang mempertanyakan tentang naming sense-nya, saya yakin tetap saja lagu-lagu “aneh” itu sedang bertengger di playlist banyak pendengar saat ini. Termasuk kamu mungkin?