[AFA ID 2014 Interview] Hachioji P

September 12, 2014 12:40 pm
[AFA ID 2014 Interview] Hachioji P

Hachioji-P adalah salah satu produser Vocaloid yang paling dikenal, dan salah satu musik Vocaloid buatannya, Game Over, diangkat sebagai theme song dari AFAID 2013 tahun lalu. Pada AFAID 2014 ini, kami berkesempatan untuk meng-interview Hachioji-P sendiri. Berikut hasil interviewnya:

Q: Apakah Anda tahu kalau di Indonesia ada banyak penggemar Hachioji?

Hachioji-P (H): Aku sejujurnya senang. Meski beberapa komentar dan Twitterku mungkin tidak bisa sepenuhnya tersampaikan ke penggemar di Indonesia, dengan datang ke sini, Aku bisa melihat langsung para penggemar dan merasa lebih dekat dengan mereka.

Q: Apakah ada penyanyi yang ingin Anda ajak untuk berkolaborasi?

H: Hmm, siapa ya… Aku harus berpikir sebentar. Hmmm, pastinya ada sih, tapi Aku jarang memikirkannya.

Q: Mengapa memilih memulai karir musiknya dengan Vocaloid?

H: Sederhananya, Aku suka dengan suara Miku. Suaranya cocok dengan gaya musikku.

Q: Apa inspirasi terbesar dalam membuat musik?

H: Dari menonton film, membaca buku, mendengarkan musik-musik lain, dari sana Aku merasa “Ah, kalau dibuat musik seperti ini nampaknya menarik”.

Q: Apakah ingin mencoba genre yang berbeda dari yang dimainkan selama ini?

H: Ya. Memang kalau mengerjakan satu genre terus menerus akan terasa bosan, karena itu aku terkadang ingin mencoba genre-genre lain. Aku juga ingin mencoba untuk membuat musik dengan penyanyi manusia, bukan Vocaloid.

Q: Di album baru Anda, Twinkle World, salah satu tracknya merupakan remix dari lagu Weekender Girl. Apa yang membuat Anda ingin meremix musik itu?

H: Sejak awal Aku menyukai musiknya dan ingin me-remixnya, meski sebelumnya tidak mendapat kesempatan hingga akhirnya sekarang Aku bisa meremixnya di album Twinkle World. Aku ingin meremixnya dengan gaya yang berbeda dari k’z, lebih ke “rasa” Hachioji.

Q: Apakah ada pesan mengenai album Twinkle World?

H: Tidak seperti biasanya di mana Aku berkerja sendiri, kali ini di Twinkle World Aku memainkan album ini dengan banyak kolaborasi, sehingga album ini berbeda dengan album-album sebelumnya.

Q: Apakah Hachioji pernah menyanyikan sendiri musik aransemen Anda?

H: Seandainya Aku pandai menyanyi sih, dari awal Aku akan menyanyikannya sendiri. Tetapi karena suara nyanyianku jelek, haha, jadinya Aku menggunakan Vocaloid.

Q: Bagaimana rasanya tampil pertama kali di Indonesia?

H: Hmm, pertama-tama, AC-nya dingin ya, hahaha. Tadi Aku sempat melihat-lihat, dan Aku senang melihat banyak penggemar Vocaloid, anime, dan budaya-budaya Jepang.

Q: Pada penampilan malam ini, apa yang akan berbeda dari penampilan-penampilan Hachioji sebelumnya?

H: Selama Aku bermain di Jepang, Aku memainkan berbagai musik dan meremix-nya sebagai DJ, tetapi untuk penampilanku di sini, Aku membuat playlist khusus yang bisa dinikmati oleh penggemar di sini.

Q: Apakah Hachioji sering berkolaborasi dengan utaite?

H: Daripada dibilang kolaborasi, lebih tepatnya sih Aku mengupload musikku ke Nico Nico Douga dan kemudian mereka menyanyikan (utattemita) musik-musikku, tidak bisa dibilang sebagai kolaborasi kerja. Tetapi karena genre musikku adalah dance music, Aku cukup sering berkolaborasi dengan orang-orang yang melakukan odottemita (dance).

Q: Musik-musik Hachioji yang dulu memiliki lirik yang erotis, sementara yang belakangan ini tidak begitu. Adakah alasan tertentu mengapa begitu?

H: Hahahaha. Mungkin karena Aku sudah major debut. Dan musik-musik tersebut liriknya bukan ditulis olehku, tetapi kirikito-san. Aku sendiri tidak begitu biasa menulis lirik seperti itu.

Di akhir pertanyaan ini, Hachioji-P membalikkan pertanyaannya kepada Saya, “Apakah Anda ingin Aku menulis lagu yang lebih erotis seperti itu?” yang mana Saya balas dengan tertawa “Yang erotis lebih memorable sih.”. Sambil tertawa, Hachioji-P berkata “Ah begitu. Baiklah, akan Aku ingat saat menulis lagu berikutnya”.

AD2I-6

Q: Anda mengupload video-video Anda di Nico Nico Douga, tetapi banyak juga yang mengupload ulang video-video tersebut tanpa izin ke Youtube. Apakah menurut Anda itu adalah hal yang buruk?

H: Ah, ini pertanyaan yang sulit. Tentunya mengupload ulang itu dilarang, tetapi ada juga negara yang tidak bisa mengakses Nico Nico Douga, sehingga dengan melihat upload di Youtube, ada orang-orang yang jadi mengetahui tentang videonya. Bagi Saya ini sangat sulit. Aku juga memiliki channel Youtube resmi, tapi beberapa negara tidak bisa mengaksesnya.

Q: Bila bisa menjadi superhero, ingin menjadi superhero seperti apa?

H: Aahhh, hero ya… Apa ya, Aku belum pernah memikirkannya. Sekarang malah jadi penasaran… Aku ingin menjadi Goku deh, Aku ingin bisa menembakkan kamehameha.

Q: Apa ekspetasi kepada fans di malam ini?

H: Aku ingin menyampaikan terima kasih kepada para penggemar karena sudah datang dan Aku ke depannya akan terus berusaha lebih baik, karena itu mohon dukungannya. Jika ada musik yang Aku mainkan yang tidak dikenal oleh penggemarnya, Aku harap penonton tidak akan malu-malu untuk ikut bersorak.

Q: Seperti apa tipe cewek ideal Hachioji?

H: Ahahaha. Hmm, Aku suka rambut pendek. Kacamata juga. Aku suka perbedaannya ketika melepas kacamata.

Q: Apa impian terbesar yang sampai saat ini masih belum terwujudkan?

H: Ah, ada banyak, salah satunya sebagai seorang DJ untuk bermain di depan puluhan atau ratusan ribu penonton di tempat yang besar. Yang pasti Aku ingin semakin banyak orang di seluruh dunia untuk mengenal musik-musikku.

Q: Apakah ada DJ favorit atau DJ dari Jepang yang menginspirasi Anda?

H: Dari Jepang? Pastinya tidak pernah dengar, DJ Wild Party. Aku sangat menyukai permainan DJnya.

Sekian interview kami dengan Hachioji-P. Jangan lupa Anda juga bisa membaca interview kami dengan artis-artis lain dari AFAID 2014.