Sutradara Tekken Ingin Membuat “Xenosaga HD”, Butuh Bantuan Penggemar

September 12, 2014 1:29 pm
Sutradara Tekken Ingin Membuat “Xenosaga HD”, Butuh Bantuan Penggemar

Berapa orang yang masih ingat dengan seri RPG yang sempat beken pada zamannya (kebanyakan karena KOS-MOS) ini? Sutradara seri game fighting terkenal, Tekken atau yang dikenal dengan nama Katsuhiro Harada menyatakan bahwa ia tertarik untuk membuat versi HD dari JRPG yang terkenal di zaman PS2 yang dimulai tahun 2002 ini.

“Saya butuh suara dari para penggemar” sebut Harada. “Ini berbeda dengan ‘menerima pesan dari orang yang sama tiap hari’ meskipun saya sangat mengerti rasa cinta dari seseorang terhadap seri tertentu, tapi lebih dari itu kami juga membutuhkan dukungan dari banyak ‘penggemar yang berbeda'”.

xenosaga hd make it happen (2)

Harada juga menambahkan bahwa daripada sebuah pesan “kalau ada aku akan beli 100 kopi!”, pesan unik dari 100 orang berbeda yang mengatakan bahwa mereka akan membelinya akan lebih bermakna. “Keajaiban bisa saja terjadi jika ada puluhan ribu orang terkumpul pada akhirnya”.

Berikut pesan lengkap Harada yang ia sampaikan via twitter;

Kepada komunitas penggemar Xenosaga,

Saya mengerti anda semua menginginkan “Xenosaga HD Collection”. Saya juga sangat menghargai semua komentar kalian

Saya juga mengerti perasaan anda untuk “tweet tiap hari hingga Xenosaga HD jadi kenyataan”. Namun untuk dapat mencapainya yang saya butuhkan bukanlah tweet dari “orang yang sama” tiap hari yang dikirimkan pada saya.

Sudah sangat lama sejak Xenosaga pertama kali rilis. Kami juga masih ingat saat-saat dimana mereka begadang untuk membuat Xenosaga pertama, karena hal yang sama juga terjadi saat kami membuat TEKKEN di lantai yang sama di kantor.

Beberapa saat yang lalu, karena tergerak saat membuat versi internasional untuk Project X Zone, saya mengadakan sebuah penelitian dan perhitungan jika ada kesempatan untuk membuat Xenosaga HD Remaster.

Itu hanyalah sebuah penelitian sederhana. Tetapi tetap membutuhkan dana, dan saat itu saya belum bisa mendapatkan kesempatan bisnis.

Dengan kata lain, saya tidak bisa menemukan pasar yang bersedia membayar dana operasional untuk membuat versi HD Remaster. Saat itu reaksi dari media sosial dan pengguna unik sangat sedikit. Mungkin juga karena saya tidak bekerja lebih keras.

Cara lain seperti Kickstarters adalah pilihan terakhir, dan bagaimanapun kita takkan bisa mewujudkannya kalau keadaannya masih seperti ini. Crowdfunding takkan banyak membantu tanpa ada sebuah pergerakan besar untuk mendukungnya.

Sejujurnya, saya sangat kesulitan dan merasa ingin menyerah.

Yang saya butuhkan adalah suara dari banyak penggemar. Berbeda dengan ‘menerima pesan dari orang yang sama tiap hari’ meskipun saya sangat mengerti rasa cinta dari seseorang terhadap seri tertentu, tapi lebih dari itu kami juga membutuhkan dukungan dari banyak ‘penggemar yang berbeda’.

Lebih jauh, saya tak bisa mempercayai pesan seperti “Aku akan beli 100 kopi!”. Perusahaan takkan percaya, tidak realistis bahwa satu orang akan membeli 100 kopi. Akan lebih realistis jika anda mengajak 10 penggemar untuk mendukungnya. (Bukan berarti anda harus membuat 10 akun palsu untuk ikut mengetweet. Saya akan bisa mengenalinya.)

Yang lebih penting saat ini adalah jumlah dari pendukung yang berbeda. Pesan unik dari 100 orang berbeda yang mengatakan bahwa mereka akan membelinya akan lebih bermakna. Keajaiban bisa saja terjadi jika ada puluhan ribu orang terkumpul pada akhirnya.

xenosaga hd make it happen (3)

Para penggemar sudah bergerak dengan membuat sebuah hashtag khusus untuk mendukung proyek ini, #OperationKosMos . Kamu juga bisa mengikuti pergerakan grupnya di twitter dan Facebook. Jangan lupa untuk mengeluarkan suaramu supaya terdengar oleh Harada dengan me-mentionnya di twitter. Juga retweet pesan ini di twitter!

Sumber: Gematsu