Kostum Cosplay Apakah Yang Paling Populer di Jepang? Acara TV di TBS Menjawab

September 16, 2014 6:00 pm
Kostum Cosplay Apakah Yang Paling Populer di Jepang? Acara TV di TBS Menjawab

Bagi kamu yang datang ke AFA ID 2014 kemarin pastinya melihat banyak sekali pengunjung yang melakukan cosplay, dan mungkin beberapa dari kamu menyadari frekuensi cosplay Kantai Collection dan Shingeki no Kyojin merupakan beberapa yang terbanyak dibandingkan dengan karakter lain. Selain itu, masih banyak juga yang melakukan cosplay karakter terkenal lainnya, seperti Hatsune Miku atau Kamen Rider. Kita sudah melihat cosplay-cosplay yang terkenal di Indonesia, tapi kostum apakah yang terkenal di Jepang?

Untuk mengetahui hal ini, sebuah acara televisi di Jepang yang berjudul Rank Oukoku yang ditayangkan di kanal TBS Jepang baru saja mencari tahu mengenai 10 besar kostum yang paling populer untuk dijadikan kostum cosplay di Jepang, karakter-karakter tersebut adalah:

10. Kenshin Himura – Rurouni Kenshin

cosplay favorit jepang (2)

Selain menjadi pahlawan masa kecil, film live-actionnya pun telah menjadi salah satu film live-action terlaris yang pernah ada di bioskop Jepang. Baik generasi lama dan baru sama-sama mengenal sosok samurai polos yang satu ini. Untuk cosplay sebagai Kenshin pun bisa dibilang cukup simpel, dengan hakam putih dan kimono merah, pedang sakabatou dan wig serta torehan make up codet di pipi membuat karakter ini mudah dan ramah cosplay.

9. Rin and Len Kagamine – Vocaloid

cosplay favorit jepang (3)

Selain Hatsune Miku, duo vocaloid yang satu ini pun tidak kalah populer, karena suara dan penampilannya yang imut, serta kostumnya yang menarik perhatian membuat Rin dan Len banyak dicosplay oleh berbagai macam pasangan. Postur tubuh mereka pun mungil dan cocok dengan postur tubuh orang Jepang kebanyakan.

8. Seragam maid wanita kafetaria SMA Shiobi – Daitoshokan no Hitsujikai (visual novel)

cosplay favorit jepang (4)

Banyak cosplayer yang tertarik dengan kostum yang unik dan imut. Kostum maid mungkin adalah salah satunya. Kostum maid kafetaria sekolah ini contohnya, dengan warna dominan biru dan renda-renda yang cantik, saya tidak heran bila banyak yang ingin memakainya.

7. Seragam musim dingin SMA kota Nagatsuki – Kyoukai no Kanata

cosplay favorit jepang (5)

Mudah dan bagus, kombinasi sweater pink dengan stocking hitam yang melengkapi seragam musim dingin sepertinya menjadi daya tarik tersendiri bagi para cosplayer. Walaupun sepertinya total biaya untuk membuat kostum ini sedikit lebih tinggi dari kostum lainnya.

6. Nagito Komaeda – Danganronpa 2

cosplay favorit jepang (6)

Ultimate Lucky Boy sepertinya menyalurkan keberuntungannya di dunia cosplay dengan berhasil mendarat di posisi 6 daftar ini. Bahkan berhasil meninggalkan Kenshin di posisi ke 10.

5. Seragan SMA Ichou – Chuunibyou Demo Koi ga Shitai!

cosplay favorit jepang (7)

Walaupun sejatinya saya ingin menuliskan Nibutani Shinka (karena Nibutaninya imut) di posisi ke 5 ini, namun karena kita sedang membicarakan kostum dan bukan karakter, akhirnya yang terpenting adalah seragam yang dipakainya. Karena itu Seragam SMA Ichou berhasil menduduki posisi ke 5.

4. Hatsune Miku – Vocaloid

cosplay favorit jepang (8)

Hatsune Miku bukan yang nomor 1? Saya juga sedikit kaget karena melihat popularitas Miku bertahun-tahun ke belakang. Bila dihitung secara kumulatif, saya yakin Miku sudah pasti menang, namun periode tahun-tahun baru ini sepertinya memang popularitas Miku sedikit bergeser, bahkan seperti yang diceritakan artikel ini.

3. Shimakaze – Kantai Collection

cosplay favorit jepang (9)

Tentu saja, Kantai Collection, game browser yang melejit namanya mulai dari tahun 2013 lalu sampai sekarang ini memiliki karakter-karakter imut dengan kostum-kostum yang menarik. Sebut saja Shimakaze dengan kostum pelautnya yang seksi dan agak menantang, dijamin kamu akan mendapatkan banyak perhatian saat memakainya.

2. Kongou – Kantai Collection

cosplay favorit jepang (10)

Apakah ada yang lebih menarik perhatian dari sebuah gadis ribut yang menyelipkan bahasa Inggris ke perkataannya sembari cari perhatian level dewa ke admiralnya sendiri? Tidak ada? Ya, mungkin Kongou adalah salah satu kapal yang paling menarik perhatian. Kostum miko lucu dipadukan dengan kegaduhan lady yang pulang dari Inggris, adalah kombinasi menarik yang saya yakin ingin dicoba banyak orang.

1. Seragam SMA Otonokizaka – LoveLive!

cosplay favorit jepang

Posisi pertama ternyata diambil oleh para idol dari SMA Otonokizaka. Sudah anggotanya sendiri banyak, popularitasnya pun bukan main diantara para otaku. Sehingga saya tidak heran bila LoveLive! berhasil menjadi nomor 1 di berbagai macam peringkat yang berhubungan dengan anime, tak terkecuali dengan kostum cosplay.

Bagaimana, adakah kemiripan dengan frekuensi cosplayer di Indonesia? Ternyata kostum survey corps bukan menjadi kostum yang paling diminati di Jepang, berbeda dengan di Indonesia ya.

sumber: Yaraon