[Monday Music] Mizuki Nana

September 22, 2014 6:34 pm
[Monday Music] Mizuki Nana

Setelah lama konser di negerinya sendiri, Mizuki Nana akhirnya mengadakan konser di luar Jepang sejak tahun lalu. Tahun 2014 ini, Mizuki Nana kembali mengadakan konser di luar Jepang, tetapi kali ini di dua tempat: Taiwan dan Singapura. Tentunya ini adalah kabar baik bagi penggemar di Indonesia (termasuk saya) karena tidak perlu pergi jauh-jauh ke Jepang dimana ongkosnya tidak murah.

Konser yang di Singapura akan berlangsung pada akhir pekan ini, yaitu pada hari Sabtu, 27 September 2014. Untuk menyambutnya JOI akan membahas Mizuki Nana dalam rubik Monday Music edisi pekan ini.

Mungkin di antara kalian yang sudah lama mengikuti dunia anisong kenal dengan seiyuu artist yang mendapatkan julukan Queen of Anisong ini. Saat ini, setiap single dan albumnya yang baru dirilis pasti berhasil menduduki papan atas Oricon. Dia pun adalah artist anisong yang rutin tampil di acara akhir tahun Kouhaku. Tetapi sebenarnya perjuangaan Mizuki Nana mencapai posisi ini tidaklah mudah.

monday-music-mizuki-nana-1

Sejak kecil Mizuki Nana gemar menyanyi, tetapi berbeda dengan anak-anak seumurannya. Dia gemar menyanyi lagu enka (lagu klasik Jepang) dan sering ikut kompetisi dan memenangkannya. Kemudian ketika duduk di bangku kelas dua SMP, Nana merilis kaset lagu enka berjudul “Tsugasakura.” Setelah itu, Nana di-scout pada saat mengikuti kompetisi karaoke dan memutuskan untuk menjadi penyanyi enka.

Nana pun masuk SMA sambil belajar musik, tetapi sayangnya tidak bisa debut. Dia pun akhirnya menemukan jalan lain untuk pekerjaan yang menggunakan suara, yaitu sebagai seiyuu. Akhirnya, pada saat kelas dua SMA, Nana pun memutuskan untuk masuk sekolah khusus seiyuu. Tetapi ternyata karirnya masih kesulitan karena tidak laku-laku.

Nasib Nana mulai berubah ketika Mishima Akio, produser dari King Records, yang melihat konsernya secara tidak sengaja. Mishima pun akhirnya mengajak Nana dan akhirnya bisa debut dengan single “Omoi” di tahun 2000.

Mizuki Nana mulai terkenal sebagai artis anisong ketika menyanyikan lagu “innocent starter” yang merupakan lagu opening dari Mahou Shoujo Lyrical Nanoha. Dirilis pada tahun 2004, single tersebut berhasil menduduki posisi Sembilan di Weekly Oricon Chart. Posisi Nana di dunia anisong semakin kuat ketika “ETERNAL BLAZE” yang merupakan lagu opening dari Mahou Shoujo Lyrical Nanoha A’s dan berhasil menduduki posisi kedua di Weekly Oricon Chart.

monday-music-mizuki-nana-2

Tahun 2009 bisa dibilang adalah dimulainya masa keemasan Mizuki Nana sebagai penyanyi. Album ketujuh yang berjudul ULTIMATE DIAMOND berhasil menduduki posisi pertama Weekly Oricon Chart ketika dirilis, yang membuat Nana sebagai seiyuu pertama yang berhasil menduduki posisi puncak Oricon. Di tahun yang sama, Nana juga diundang untuk tampil di NHK Kouhaku Uta Gassen yang merupakan acara musik terbesar di Jepang yang diadakan setiap pergantian tahun. Nana adalah seiyuu pertama yang tampil dalam acara bergengsi tersebut.

Tidak hanya lagu-lagu yang terus menduduki posisi atas dan tampil di Kouhaku secara rutin, konser Nana pun setiap tahunnya semakin megah. Konser Nana biasanya diadakan selama dua hari berturut. Tradisi ini pun masih berlanjut hingga kini, tetapi ukuran area konsernya diperbesar. Karena sudah arena konser biasa sudah tidak cukup, sekarang Nana sering mengadakan konser di stadium baseball dimana jumlah penontonnya mencapai puluhan ribu orang. Bahkan, baru-baru ini Mizuki Nana berkolaborasi dengan T.M. Revolution untuk anime Kakumeiki Valvrave, anime yang budget-nya habis di seiyuu dan penyanyi.

Sebagai penutup, silahkan kalian tonton video digest dari konser yang diadakan oleh Mizuki Nana untuk melihat seperti apa suasananya. Kamu juga bisa ikut bergabung dengan grup Mizuki Nana Indonesia Fans untuk mengobrol bersama fans lainnya. Tiket konser di Singapura masih tersedia bagi kalian yang ingin menonton secara langsung, jadi segera pesan sebelum kehabisan. Ikuti juga halaman Nana Mizuki Live+ untuk informasi terbaru seputar konser Nana di luar Jepang.

Untuk informasi terbaru seputer Mizuki Nana, kamu bisa langsung tuju situs resminya.