Kamiya Yuu, Ilustrator No Game No Life Diduga Menjiplak Gambar Orang Lain

September 24, 2014 7:30 pm
Kamiya Yuu, Ilustrator No Game No Life Diduga Menjiplak Gambar Orang Lain

Penjiplakan sudah biasa terjadi di kehidupan sehari-hari, mulai dari baju, mainan, bahkan sampai ke game sudah sempat dijiplak. Biasanya yang menjiplak adalah perusahaan kecil yang ingin menumpang ketenaran dari produk yang dijiplaknya, namun apa yang terjadi saat salah satu ilustrator kawakan menjiplak gambar orang lain?

Kamiya Yuu, adalah seorang seniman setengah Jepang, setengah Brazil yang berhasil menemukan sukses di negeri matahari terbit. Karyanya yang terkenal adalah ilustrasi novel Itsuka Tenma no Kuro Usagi dan novel yang ditulisnya sendiri, No Game No Life. Dia menikahi Mashiro Hiiragi, seorang mangaka yang mengadaptasi No Game No Life ke dalam bentuk manga.

yuu kamiya masalah tracing

Sebuah akun twitter, @rotiflride baru saja dibuka, dan akun ini dibuat khusus untuk mencari kesalahan-kesalahan dari Kamiya Yuu, yang ternyata banyak ilustrasinya diduga menjiplak ilustrasi milik orang lain. Selain memberikan perbandingan, akun ini juga menumpukkan kedua gambar satu sama lain, dan keduanya memang memiliki struktur gambar yang sangat pas.

Penjiplakan ilustrasi tidak pernah menjadi masalah yang mudah, bahkan cenderung menjadi menyulitkan berbagai pihak, apalagi bila menyangkut ilustrasi yang kemudian dikomersilkan – seperti ilustrasi di novel. Bahkan, ilustrator MuvLuv yang pernah ketahuan menjiplak gambar untuk ilustrasi majalah dan dakimakura, Ao Miyata langsung dipecat setelah beritanya terkuak.

NGNL ilustrator bermasalah tracing (10)

Banyak perbandingan ini yang menggambarkan kesamaan pose antara gambar milik ilustrator lain dengan gambar miliknya. Di beberapa gambar pun tercantum tanggal saat dibuatnya gambar tersebut, mengukuhkan kecurigaan akan adanya penjiplakan gambar.

NGNL ilustrator bermasalah tracing (9) NGNL ilustrator bermasalah tracing (4) NGNL ilustrator bermasalah tracing (2) NGNL ilustrator bermasalah tracing (3)

Namun, bisa juga Kamiya Yuu hanya mengambil gambar-gambar ini sebagai referensi saja, dapat dilihat dari gambar-gambar ini dimana Kamiya mengambil beberapa bagian gambar lain untuk dijadikan referensi. Mungkin juga kesamaan ini dibuat secara tidak sengaja, seperti posisi jari atau posisi buku yang halamannya tersibak angin.

NGNL ilustrator bermasalah tracing (6) NGNL ilustrator bermasalah tracing (5) NGNL ilustrator buku tersibak

Kamiya Yuu sendiri belum berkata apa-apa mengenai penemuan ini, bisa saja dia hanya mengambil pose di gambar sebagai referensi saja. Karena pose-pose yang digambarkan cukup generik dan banyak dipakai sebagai acuan anatomi tubuh. Selain itu, Kamiya juga memiliki ciri khas dengan menggunakan pewarnaan yang sangat menarik dengan gradasi yang berlapis serta menambahkan ilustrasi atau karakter lain dalam gambarnya, tidak serta-merta menjiplak 100 persen gambar yang dibuat oleh ilustrator lain.

NGNL ilustrator bermasalah tracing NGNL ilustrator bermasalah tracing (8)

Saya harap akan ada klarifikasi lebih lanjut dari Kamiya Yuu mengenai persoalan ini. Menurut saya sih selama dia tidak menjiplak sampai 100 persen sih tidak bisa dibilang sebagai penjiplak, karena terlepas dari kemiripan pose, tidak ada lagi apapun yang mirip antara gambar Kamiya dengan ilustrasi lainnya. Tapi saya yakin pandangan orang berbeda-beda, bagaimana dengan pendapatmu?

sumber: SeventhStyle
gambar: pixiv/homelessfox