Surat Kabar di China Menanggap Anime Doraemon Memiliki Maksud Yang Licik

September 30, 2014 4:00 pm
Surat Kabar di China Menanggap Anime Doraemon Memiliki Maksud Yang Licik

Beberapa hari lalu, kita sempat digemparkan oleh berita yang mengatakan kalau Crayon Shin-chan dianggap sebagai acara yang mengandung konten pornografi. Namun berita kali ini tidak datang dari Indonesia, tapi dari China, dimana sebuah tulisan yang dipublikasikan Harian Chengdu mengklaim Doraemon sebagai karya yang mencoba menimpa budaya China.

doraemon dianggap licik
gambar: Tatong@Deviantart

Dalam tulisan editorial tersebut, sang penulis berkata kalau ada “maksud licik tersembunyi” dalam seri tersebut. Acara tersebut menampakkan tema persahabatan dan penghormatan yang sangat hipokrit terhadap keadaan di Jepang sendiri. Bahkan penulisnya sampai berkata kalau acara ini merupakan sebuah tabir penutup yang menghalau perhatian dari pemerintahan Shinzo Abe.

Namun, reaksi warga China sendiri pun bervariasi, beberapa orang menganggap sang penulis untuk mencoreng nama baik ikon masa kecil mereka yang terkenal.

doraemon dianggap licik (3)
gambar: pixiv/matataku-jijy

Memang saat ini hubungan antara China dan Jepang sedang dalam taraf yang tidak baik, dikarenakan masalah perebutan teritorial pulau Senkaku/Diaoyu yang berada di laut China Timur. Tidak sampai disitu, aksi-aksi politik yang diambil Abe pun dilihat kurang sensitif oleh warga China, sehingga tidak heran kalau mereka mulai meragukan produk-produk Jepang yang populer di negaranya.

sumber: ANN