[Review] Memperjuangkan Cinta Dari Area Asistenzone Ala “Gekkan Shoujo Nozaki-kun”

October 1, 2014 11:41 am
[Review] Memperjuangkan Cinta Dari Area Asistenzone Ala “Gekkan Shoujo Nozaki-kun”

Sebenarnya judul review ini tidak tepat sih. Meskipun Komedi Romantis, bagi yang menonton juga mungkin setuju dengan saya; “Romantisnya mana?” kecuali bagian terakhir seri ini. Tapi hal itu tidak mengurangi nilai plus dari anime ini, yang dengan sukses menjadi salah satu seri yang paling sering jadi bahan perbincangan di antara penonton anime dan juga di sosial media!

Bercerita tentang Chiyo Sakura, yang naksir dengan salah satu teman sekolahnya bernama Nozaki (Nozaki… siapa ya namanya?). Sayang, seperti banyak kisah cinta yang ada di dunia, Chiyo kena “zoned”, tapi bukan friendzoned, melainkan fanszoned. Karena ternyata Nozaki adalah mangaka yang cukup terkenal! Berkat perjuangan dan rentetan kesalahpahaman, akhirnya “-zoned” Chiyo naik pangkat menjadi “asistenzone” dan dimulailah kisah Chiyo memperjuangkan cintanya sembari menjadi asisten dadakan Nozaki, bersama teman sekolah lainnya yang juga menjadi model cerita dan asisten Nozaki.

The Good – 101 Chiyo

Awalnya saya kecewa dengan karakter Chiyo yang dari suaranya terdengar kurang “heboh” dalam bereaksi, tapi ternyata makin kesini pendapat saya itu dipatahkan oleh akting yang bagus dari seiyuunya dan juga dem expressions! Tidak salah kan header poin ini, “101 (muka) Chiyo”?

tumblr_ncmwmoKIOq1qc5rbmo1_500

tumblr_ncmwmoKIOq1qc5rbmo2_500

Seperti bisa ditebak, Chiyo adalah karakter tsukkomi utama di anime ini. Meskipun yang lain juga kadang ikut tsukkomi, tapi yang paling epik hanyalah Chiyo.

The Good – Jajaran Karakter yang Epik

Karakter di seri ini entah mengapa terasa sangat fresh dan menghibur. Dari karakter utama, pendukung bahkan hingga karakter komik buatan Nozaki, Suzuki, Mamiko, Suzuki 1, Suzuki 2, dan lainnya. Dan meskipun tidak selevel dengan Chiyo, karakter-karakternya sangat ekspresif! Bahkan Nozaki yang harusnya cool dan tenang juga bisa buat kita ketawa.

Episode 03

Selain itu saya rasa juga karena karakter disini dapat dengan sukses keluar dari stereotip yang ada. Kashima yang harusnya jadi karakter oh-so-perfect ternyata ditekel oleh Hiro-senpai, Mikoshiba yang playboy ternyata juga polos dan pemalu, dan lainnya. Oh btw Seo best gurl.

769535-gekkan_shoujo_nozaki_kun___02___large_17

The Good – Ending yang Bukan Ending

Seperti bisa ditebak, animenya tidak bisa mengcover semua manganya hingga selesai, karena memang manganya sendiri sepertinya masih jauh dari tamat. Tapi saya senang konklusi animenya tidak “ditutup” begitu saja dengan kesempatan adanya season 2 tampak masih terbuka.

gekkan shoujo nozaki kun 1
Terlihat sepintas adik dari Nozaki di penutup episode terakhir yang memberi harapan ke saya akan adanya season 2. Semoga benar terjadi! Dan juga saya sempat takut kalau Chiyo akhirnya akan keluar dari Asistenzone di episode penutup, tapi tampaknya dugaan saya salah dan kita masih berkesempatan melihat kisah kocak Chiyo dan kawan-kawan.

830563291_orig

Visual berkualitas, opening yang catchy, komedi kelas tinggi dan juga karakter yang tidak semata-mata mengikuti trope yang ada. Gekkan Shoujo Nozaki-kun adalah pemegang posisi puncak podium anime komedi terbaik, bersama dengan anime kaligrafer yang terdampar di pulau berisi bocah kampung berlogat, “Mandom”. Anime ini saya masukkan ke dalam daftar anime yang saya tunggu season 2nya!