Menggunakan Bom Sebagai Penahan Pintu, Polisi Sapporo Kehabisan Kata-kata

October 6, 2014 5:30 pm
Menggunakan Bom Sebagai Penahan Pintu, Polisi Sapporo Kehabisan Kata-kata

Menggunakan barang daur ulang mungkin adalah sesuatu yang sangat diperlukan dewasa ini, dengan kampanye daur ulang dimana-mana. Demi membangun bumi yang lebih baik dan sehat bagi sesama manusia. Saya yakin sebagai lelaki pun menggunakan barang-barang sisa perang sebagai pajangan atau mendaur ulangnya sebagai kaki meja atau sofa menjadi pilihan yang baik, namun pernahkah kamu mendengar seseorang menggunakan bom yang masih aktif sebagai penahan pintu?

bom sebagai penahan pintu

Bulan lalu, kepolisian Hokkaido dikejutkan oleh telepon seorang wanita Sapporo yang terdengar sangat khawatir. Dia baru saja menyadari kalau penahan pintu yang ada di rumahnya ternyata adalah sebuah bom tua yang menurut cerita suaminya, “didapat dari seorang kenalan” sekitar 20 tahun lalu.

Mendengar berita ini, kepolisian langsung menelepon Pasukan Darat Pengaman Jepang (GSDF) yang bergegas mengirimkan tim penjinak bom. Walaupun rata-rata GSDF menjinakkan bom sekali sebulan yang ditemukan di rumah-rumah, ini adalah kali pertama Mayor Atsushi Shirahama menjinakkan bom yang digunakan sebagai penahan pintu rumah.

Setelah dijinakkan, bom ini diidentivikasi sebagai bom milik tentara kekaisaran Jepang 75 mm “Dragon Shot.” Hulu ledaknya memang sudah diambil, tapi bahan peledaknya masih di dalam menurut Shirahama. Walaupun hulu ledaknya hilang, tapi bom ini masih bisa meledak hanya dengan tendangan biasa saja, membuat kehidupan 20 tahun rumah tersebut sepertinya begitu berbahaya. Untungnya mereka tidak harus menjinakkan bom sambil mengevakuasi 50 rumah yang ada di sekitar mereka.

bom sebagai penahan pintu (3)

Pengguna internet Jepang kemudian mendiskusikan hal tersebut, mulai dari kenalan macam apa yang memberikan bom yang masih aktif sebagai hadiah, sampai orang-orang yang menginginkan bom (yang tidak aktif tentunya) sebagai salah satu pajangan penghias rumah mereka. Setidaknya saya bersyukur keluarga tersebut tidak pernah tersandung atau tidak sengaja menjatuhkan bom penahan pintu tersebut, atau akan ada banyak korban yang berjatuhan karena alasan yang konyol.

sumber: Rocketnews
gambar: pixiv/europe620802 pixiv/linjie pixiv/tqfnxsb