Konsol Lama Menumpuk Tidak Karuan? Ubah Saja Menjadi Tempat Tisu dan Benda-benda Kreatif Lainnya

October 8, 2014 11:21 am
Konsol Lama Menumpuk Tidak Karuan? Ubah Saja Menjadi Tempat Tisu dan Benda-benda Kreatif Lainnya

Kamu yang sudah bermain game sejak kecil pasti punya berbagai macam konsol, baik yang masih bekerja maupun sudah menjadi pajangan. Mungkin kamu mendapatkan komplain dari orang tuamu untuk membuang konsol-konsol yang sudah tidak terpakai tersebut dan kamu mulai mempertimbangkan untuk memenuhi permintaan orang tuamu karena memang konsol-konsol tersebut sudah tidak diperlukan.

Stop! Jangan dibuang dulu, karena dengan artikel ini, mungkin bermacam-macam ide akan muncul dalam kepalamu dan bahkan kamu bisa menyelamatkan memento masa kecil yang sudah tidak mungkin bisa kamu dapatkan di masa kini. Berikut adalah ide-ide menarik yang bisa kamu tirukan atau bahkan kembangkan.

1. Tempat tisu Super Nintendo

daur ulang game menjadi gadget (6)

Bosan melihat tempat tissue yang begitu polos? Atau mungkin tempat tissue yang ada di rumahmu begitu feminim sehingga kamu ingin sesuatu yang lebih, laki? Mungkin tempat tissue ini bisa menjadi alternatif yang baik bagimu. Super Nintendo bisa kamu manfaatkan, tinggal buka dan keluarkan saja isinya, di casingnya pun sudah ada slot cartridge game yang pas untuk mengeluarkan tisu dari dalamnya.

2. Stik Super Nintendo iPhone dock

daur ulang game menjadi gadget (7)

Super Nintendo mungkin salah satu konsol kegemaran anak-anak di tahun 90-an bersama Sega Genesis, Mega Drive sebelum digeser kepopulerannya oleh Sony Playstation. Mungkin kamu bisa mengubah casingnya menjadi tempat tissue seperti di atas, kemudian memanfaatkan stik lamanya untuk menjadi dock iPhone. Saya masih ingat jaman PlayStation 2 dulu karena saking kasarnya bermain saya bisa sampai punya lebih dari 7 stik, 2 berfungsi dan sisanya rusak, sayang semua stik tersebut harus dibuang begitu saja.

3. Stik N64 iPhone dock

daur ulang game menjadi gadget (2)

Masih bernuansa dock untuk iPhone, kali ini docknya dibuat dari stik Nintendo 64, sepertinya cara pembuatannya pun tidak berbeda dengan saat membuat dock stik Super Nintendo. Kalau saja ada cara menghubungkan stik Super Nintendo/N64 untuk bermain game iPhone, mungkin dock ini akan laku keras.

4. Tatakan tablet Super Nintendo

daur ulang game menjadi gadget (5)

Tabletmu suka tergelincir saat memainkan film kesukaanmu? Malas memegangnya terus-terusan? Ada kabar baik untuk Super Nintendo yang stiknya baru saja kamu korbankan untuk iPhone atau smartphone lain, kamu bisa menjadikan konsolnya sebagai tatakan tablet, karena slot cartridgenya kebetulan memiliki ukuran yang pas dengan iPad Mini atau tablet android lain yang berukuran serupa. Bahkan ini dapat dilakukan tanpa merusak Super Nintendomu, asal kamu tidak memasukkan tabletmu dengan kuat.

5. Game Boy USB flash disk

daur ulang game menjadi gadget

Wow, saya sangat suka dengan ide yang satu ini, bila kamu punya cartridge yang sudah tidak berfungsi karena terlalu lama dan meniupnya pun sudah tidak membantu lagi, bagaimana bila mengeluarkan sedikit uang untuk membeli USB Flash Disk kecil untuk dimodifikasi ke dalam cartridge Game Boy-mu? Selain menarik perhatian, bila kamu masih punya kotak cartridge lama maka kotak tersebut bisa kamu pakai sebagai pelindung USB barumu yang keren ini.

6. Headphone gamer keren

daur ulang game menjadi gadget (4)

Tentunya, ide terbaik dan paling keren dari semua daftar ide kali ini (kecuali kalau kamu punya yang lebih mantap dong). Kamu bisa menggabungkan stik konsol favoritmu, tidak harus Super Nintendo, dengan headphone yang membuat nilai estetikanya naik apalagi bila kamu bertemu dengan manusia sejenis lainnya (baca: teman gamer) di jalan, bisa-bisa kamu ngobrol sepanjang perjalanan dan mendapat teman baru!

Bagaimana? Ini adalah ide daur ulang yang jauh lebih baik daripada mendaur ulang bom menjadi penahan pintu bukan? Apakah kamu punya ide-ide lain? Mengubah PlayStation 2 menjadi casing laptop misalnya, atau menjadikan cartridge Sega Genesis menjadi dompet?

Belum lagi bila kamu memiliki konsol next-gen yang sudah rusak atau tidak terpakai, mungkin kamu bisa merubahnya menjadi benda-benda lain yang tidak kalah menarik,

sumber: Rocketnews
gambar: ilolamai@deviantart