Lagu Protes Hatsune Miku Menyemangati Para Demonstran Hong Kong

October 11, 2014 1:00 pm
Lagu Protes Hatsune Miku Menyemangati Para Demonstran Hong Kong

Bagi kamu yang mengikuti berita internasional, kamu pasti tahu mengenai krisis yang sedang melanda Hong Kong. Para pemuda Hong Kong sedang bangkit memperjuangkan demokrasi di negaranya, semangat mereka begitu tinggi sampai gas air mata dan semburan air rasanya bukan apa-apa bagi mereka. Sudah beberapa minggu ini mereka menduduki Causeway Bay dan distrik-distrik Hong Kong lainnya demi memperjuangkan suara mereka.

Namun keadaan sepertinya bertambah buruk karena pemerintah Hong Kong baru saja menarik janji mereka untuk berbicara dan melakukan negosiasi. Dikabarkan pula para demonstran makin berkurang setiap harinya. Pengusung demo mengharapkan adanya dukungan yang cukup untuk tetap memperjuangkan hak rakyat Hong Kong.

Disinilah lagu Hatsune Miku masuk menyemangati mereka, lagu buatan Toshiharu Mineoka dari Jepang yang menyemangati para pemuda Hong Kong. Lagu tersebut berjudul “Umbrella Revolution“. Lagu ini diterima dengan baik oleh orang-orang di Hong Kong dan Taiwan sejak pengunggahannya di tanggal 1 Oktober lalu. Komentar-komentar di Youtubenya penuh dengan rasa terima kasih orang Hong Kong, seperti “Aku menangis saat pertama kali mendengarnya (dan aku sama sekali tidak bisa bahasa Jepang.)

Berikut adalah lirik dari lagu tersebut yang sudah diterjemahkan, harap diingat kalau dalam lirik ini artiannya bisa terbuka dan akan tergantung kepada interpretasi pribadi masing-masing.

Suara para pejuang berpayung
Mengubah kata menjadi senjata
Menggalang keberanian yang mulia
Meraih kemenangan dengan tangan mereka

Dunia berharap
Hari dimana kebebasan akan datang

Suatu hari, semua perjuangan ini akan….
Hey! Eeiii-oh, Eeiiii-oh, Eeiiiei-oh

Kami tidak butuh kesedihan apapun
Karena kami bangkit sebagai satu

Dunia percaya
Punggung kami menyatu dengan cakrawala, mengisi langit lebih dari burung

Dan jalan-jalan yang diwarnai payung, mereka menyanyi…
Ayo! Eeiii-oh, Eeiiii-oh, Eeiiiei-oh

Cukup sudahi kemurkaanmu
Karena kamu tidak lagi sendiri

Saya yakin saat mendengar lagu ini pun para demonstran mendapatkan energi yang baru setelah mendengar lagu yang penuh dengan harapan. Bagaimanapun kelanjutan Hong Kong setelah ini, saya harap masalahnya terselesaikan dengan keputusan yang terbaik.

sumber: Rocketnews
gambar: pixiv/misaruna