Resep Baru Untuk Kamu Yang Berjuang di Tanggal Tua, Nasi Keripik Kentang!

October 15, 2014 6:00 pm
Resep Baru Untuk Kamu Yang Berjuang di Tanggal Tua, Nasi Keripik Kentang!

Tanggal tua bukanlah sesuatu yang digemari oleh banyak orang, pada saat tanggal-tanggal inilah keadaan keuangan sudah mulai menipis, harapan memupus dan perut mengempis. Kurangnya dana yang bisa kamu kucurkan untuk memanjakan perut kehidupan mungkin menjadi salah satu penyebab hal tersebut. Kebutuhan akan makanan yang mudah, enak dan mengenyangkan pun mendera, tunggu, setidaknya murah dan mengenyangkan saja sudah cukup, enak itu urusan belakangan.

Tapi bagaimana kalau ada resep murah, mudah, enak dan mengenyangkan untuk menemanimu di tanggal tua? Tentu saja ada, para staf di situs Rocketnews sepertinya senang sekali dengan resep yang menggunakan rice cooker, dan mereka memiliki buku resep buatan koki sukses Masahiro Kasahara yang berjudul Makanan Jepang 30 Menit Bersama Masahiro Kasahara. Dalam bukunya, ada sebuah resep yang mudah dan murah untuk disiapkan, yaitu Nasi keripik kentang.

nasi keripik kentang buatan rocketnews (2)

Bahan-bahannya pun cukup mudah didapat, kamu membutuhkan beras, air, wijen dan tentunya keripik kentang. Staf Rocketnews menggunakan keripik Calbee Usushio (sedikit asin) 300 gram sesuai anjuran Chef Masahiro Kasahara. Namun karena makana Jepang akan sedikit mahal di Indonesia, saya sarankan kamu untuk memakai keripik kentang lain saja. Kamu juga pastinya akan membutuhkan sebuah rice cooker.

 nasi keripik kentang buatan rocketnews (4) nasi keripik kentang buatan rocketnews (3)

Pertama-tama, hancurkan keripik kentang yang ada di dalam bungkusannya.

nasi keripik kentang buatan rocketnews (5)

Tambahkan air dan beras ke dalam rice cooker dan taburi wijen beserta remah keripik kentang diatasnya.

nasi keripik kentang buatan rocketnews (6)

Tunggu sampai matang, dan selesai!

nasi keripik kentang buatan rocketnews (7)

Jangan lupa diaduk.

Bila kamu tidak memiliki rice cooker pun tidak apa-apa, kamu hanya tinggal mencampur keripik kentangnya bersamaan saat kamu menanak nasinya. Harap diperhatikan takaran nasi dan keripik kentangnya, supaya tidak berlebih saat dimasak.

nasi keripik kentang buatan rocketnews (8)

Menurut para staf Rocketnews, rasa nasi ini ternyata sangatlah enak, secara pribadi pun waktu kecil saya suka mencampur makanan ringan dengan nasi, jadi saya mungkin bisa mengerti rasanya. Keripik yang dimasak bersama nasi serasa kembali menjadi kentang, mengisi sela-sela nasi dengan rasa gurih yang enak tanpa terasa pernah ada keripik di dalamnya. Dengan resep yang begitu mudah dan murah, siapa tahu kamu bisa menyambut tanggal tua dengan lebih ceria.

sumber: Rocketnews
gambar: pixiv/noyamakoto