[3 Eps Rule] Gundam Reconquista in G

October 20, 2014 3:55 pm
[3 Eps Rule] Gundam Reconquista in G

Setelah satu setengah dekade lebih, akhirnya sang pencipta Gundam, Tomino Yoshiyuki, kembali mengurus sebuah seri Gundam, yaitu Gundam Reconquista in G, alias G-Reco. Hal ini tentunya menarik perhatian banyak orang, terutama penggemar seri Gundam, dan menghasilkan cukup banyak hype ke seri Gundam terbaru yang diurus oleh Tomino setelah Turn A Gundam. Setelah tayang lebih dari 3 episode, berikut pendapat kami mengenai G-Reco sejauh ini.

G-Reco menceritakan jaman Regild Century, jaman baru setelah Universal Century, dan berfokus pada Bellri Zenam, seorang kadet pilot Capital Guard yang menjaga Capital Tower, namun semuanya berubah ketika Capital Tower tersebut diserang oleh salah satu perompak luar angkasa, Aida Rayhunton yang menaiki unit Gundam G-Self.

Grafik yang indah

Sama seperti Turn A Gundam, G-Reco tidak mengandalkan CG pada pertarungan mobile suitnya, melainkan menggunakan gambar tangan yang halus dan detil. Tidak tampak pengorbanan kualitas gambar pada animasi pertarungan, dan tiap serangan, terutama serangan beam terasa memiliki efek yang sangat detil dibandingkan serial TV mecha umumnya.

3ergreco1

Di sisi karakter manusianya, bila Anda merasa kalau penampilan karakternya seperti Eureka Seven atau King Gainer, Anda tidak salah, karena desainer karakternya memang orang yang sama. Desain-desain yang ditampilkan juga banyak menunjukkan referensi ke seri-seri Gundam sebelumnya, seperti pilot suit dan simbol perompak yang mirip dengan Crossbone Vanguard dari Gundam F91 & seri Crossbone, seragam Capital Army yang mirip dengan seragam Moonrace dari Turn A, dan desain Raraiya Monday yang jelas-jelas adalah expy dari Rolan Cehack, tokoh utama dari Turn A Gundam.

Cerita yang sulit dimengerti

Jika Anda sudah pernah menonton karya-karya Tomino lainnya, mungkin Anda sudah tahu bahwa Tomino seringkali tidak memberikan penjelasan langsung mengenai setting ceritanya. Namun, tidak seperti setting UC yang memiliki narasi dan/atau seri prekuel/sekuel untuk menghubungkan cerita atau seperti Turn A yang ceritanya mudah dimengerti, G-Reco menaruh penonton di tengah-tengah setting yang kompleks tanpa banyak penjelasan ataupun karakter yang diposisikan sebagai penghubung penonton dengan penjelasan setting.

3ergreco2

Apa itu Capital Army? Apa itu divisi riset? Apa itu Ameria? Apa itu Gondwan? Bagaimana cara kerja pemerintahan mereka? Apa itu Kuntala? Sebenarnya siapa para perompak luar angkasa tersebut? Apa tujuan dari tiap fraksi yang muncul atau disebut di seri ini? Sejauh ini tidak banyak penjelasan langsung yang diberikan mengenai hal-hal ini, sehingga penonton harus memperhatikan baik-baik tiap dialog dan detil yang ditampilkan.

Karakter yang tidak peduli apa-apa

Seperti di Turn A dan beberapa karya terakhir Tomino, karakter-karakter di cerita buatannya tampak santai dan tidak banyak peduli dengan kejadian-kejadian sekitarnya ketimbang orang-orang pada umumnya. Namun, tingkat ketidak-pedulian karakter-karakter di G-Reco ini nampaknya mencapai tingkat baru di antara karya-karya Tomino.

3ergreco3

Apa yang dilakukan saat Capital Army menangkap salah satu perompak luar angkasa yang mengancam menghancurkan Capital Tower dan membawa unit tidak dikenal? Dibiarkan berkeliaran dan menari sesuka hati, bahkan dibiarkan mencuri lagi Gundam yang ia naiki. Apa yang dilakukan oleh para perompak ketika (entah bagaimana) berhasil menangkap salah satu tentara Capital Army? Menyuruhnya untuk menaiki Gundam. Apa yang dilakukan oleh Bellri ketika ia sedang tengah-tengah disandera/berkhianat? Buang air di dalam kokpit Gundam.

3ergreco4

Verdict: Kuntala/10

G-Reco sejauh ini memiliki cerita yang sulit untuk diikuti dan masih belum bisa ditebak akan dibawa ke mana ceritanya. Meski begitu, tiap episode kita juga disuguhi oleh pertarungan MS yang detil dan halus. Seri ini tidak disarankan untuk penonton yang mencari cerita yang seru dan mudah dipahami, terutama yang belum pernah mengikuti karya-karya Tomino.

Saya harap ke depannya G-Reco akan menjadi seperti Turn A dan bukan Wings of Rean. Oh, dan moga-moga openingnya cepat diperbaiki sehingga bukan hanya sekedar kumpulan adegan dari episode-episode awal.