Mantan Direktur Gainax: “G-Reco Sangatlah Buruk!”

October 23, 2014 10:00 am
Mantan Direktur Gainax: “G-Reco Sangatlah Buruk!”

Karya terbaru Tomino di seri Gundam, Gundam Reconquista in G alias G-Reco telah mencapai episode ke-4nya, dan gaya penceritaannya yang membingungkan menghasilkan reaksi yang campur-aduk dari para penggemar seri Gundam, termasuk di Jepang. Baru-baru ini, muncul sebuah kritik pedas dari salah satu orang ternama di dunia animasi Jepang, yaitu Toshio Okada, mantan direktur dari Gainax.

Toshio Okada adalah mantan direktur dari studio Gainax dan ia sendiri pernah terlibat sebagai penulis dari Gunbuster dan Otaku no Video sebelum akhirnya turun jabatan pada tahun 1992. Setelah itu, Okada menjabat sebagai direktur dari Otaking dan juga dosen tamu di Universitas seni Osaka. Pada tanggal 19 Oktober 2014 kemarin, melalui akun Youtube resminya, Okada melancarkan kritik pedas terhadap salah satu seri Gundam yang tayang pada season ini.

Kritikan Okada terhadap G-Reco terdapat di bagian awal video di atas. Berikut terjemahan kutipannya:

G-Reco sangatlah buruk! Apa yang mereka pikirkan. Dibandingkan dengan “Parasyte” yang menarik… Tomino itu, apa yah… Dia bilang “Aku sudah tidak mau berurusan dengan otaku anime, Aku membuat ini untuk anak-anak jaman sekarang”, tapi memangnya dia kira anak-anak jaman sekarang itu apa? Memangnya dia kira anak-anak jaman sekarang yang suka menonton Youkai Watch itu apa? Aku tidak mengerti apa yang yang terjadi. Aku yang sudah banyak menonton anime saja tidak mengerti, bila orang umum menonton ini, mereka tidak akan mengerti apa yang terjadi, tetapi karena mereka berpikir Tomino itu memang seperti ini, jadinya mau-tidak mau mereka terus menonton. Itu tidak ada bedanya dengan apa yang Tomino lakukan dari dulu. Tolonglah Tomino… diajak berbicara atau ditegur sekalipun juga tidak akan berpengaruh… Bagaimana ini. Aku sempat berpikir “Sudah, lupakan saja orang seperti dia!!”, tetapi memang sudah kubiarkan dia selama beberapa tahun. Aah, sudah tidak bisa diapa-apakan lagi. Tidak, Aku tidak akan menonton G-Reco.

Tentunya kritik keras ini juga membuat marah beberapa penggemar seri Gundam, di mana salah satunya membalas seperti ini:

Jangan bercanda! G-Reco itu keren!! Karya ini ditujukan buat anak-anak. Bukan ditujukan untuk om-om, jadi om-om tidak akan mengerti daya tariknya!! Aku juga tidak begitu mengerti! Tapi rasanya ada yang menarik! Dan kalau kamu penggemar Gundam, G-Reco adalah karya yang sangat menarik. Ceritanya berhubungan dengan Turn A Gundam loh!! Dari situ saja harusnya sudah menarik! Penggemar Gundam sejati pasti bisa menerima Tomino dengan sepenuh hati!!

3ergreco5

Berikut beberapa komentar lain di video tersebut:

  • G-Reco itu justru cukup menarik! lol
  • Bukankah G-Reco adalah karya yang di mana anak-anak jaman sekarang akan ingin menonton lagi 10 tahun setelah ini? Mau dibilang jelek juga, masih ada sisa 2 cour, apakah tidak terlalu cepat untuk menilai seri ini?
  • Yang dimaksud “anak-anak” oleh Tomino nampaknya bukan kita para orang dewasa ya. Meskipun penggunaan kata-kata dan ceritanya sulit ditonton, bukankah sudah cukup di adegan pertarungannya yang bagus
  • Untunglah, ternyata bukan hanya Aku saja yang merasa G-Reco tidak menarik

G-Reco memang memiliki gaya penceritaan dan karakter yang janggal dan sulit dimengerti, dan juga terdapat keanehan di mana menurut Tomino anime ini ditujukan untuk anak-anak tetapi malah ditayangkan pada tengah malam di Jepang. Tetapi apakah itu berarti anime ini tidak menarik, mengingat masih belum bisa ditebak akan dibawa ke mana ceritanya sejauh 4 episode yang telah ditayangkan ini dari total 2 cour(24-26 episode)nya? Atau malah justru karena sudah 4 episode dan masih tidak jelas, hal ini menjadi poin buruk? Silahkan tuliskan pendapat Anda di bagian komentar di bawah.

Sumber: Yaraon & Hachimakikou