Selamat! Drama Indonesia “Tukang Bubur Naik Haji” Berhasil Menjuarai Tokyo Drama Awards 2014!

October 23, 2014 6:59 pm
Selamat! Drama Indonesia “Tukang Bubur Naik Haji” Berhasil Menjuarai Tokyo Drama Awards 2014!

Apakah kamu sudah tahu? Drama buatan orang Indonesia baru saja memenangkan penghargaan lho di kancah internasional! Saya yakin kamu sudah pernah mendengar nama dramanya, karena memang namanya sangat terkenal di Indonesia, namun mungkin kamu tidak mengikuti serinya. Drama yang memenangkan kategori drama asing terbaik dari acara Tokyo Drama Awards yang menjadi bagian dari International Drama Festival in Tokyo adalah, Tukang Bubur Naik Haji!


International Drama Festival in Tokyo adalah sebuah acara yang digagaskan oleh JBA (Japanese Commercial Broadcasters Association) dengan saluran TV NHK. Strukturisasinya diselesaikan pada tahun 2007 dan acara peresmiannya diselenggarakan pada tahun 2008. Acara ini diselenggarakan dengan harapan dapat menemukan drama-drama terbaik diantara industri Drama. Karena memiliki tujuan memperkenalkan drama ke audiens yang lebih luas secara global, International Drama Festival in Tokyo mementingkan “kemampuan pemasaran” dan “kemampuan menjual” dibandingkan “kualitas acara” atau “segi artistik” dari drama yang masuk ke nominasinya.

Berikut adalah sinopsis dari drama Tukang Bubur Naik Haji yang diambil dari situs wikipedia:

Cerita keseluruhan Tukang Bubur Naik Haji seperti menonton kehidupan masyarakat sehari-hari, yang di dalamnya termasuk perilaku kita sendiri. Kita yang seolah-olah seorang dermawan sejati, padahal sebenarnya kita sangat mengharapkan pujian orang. Sebenarnya ada kecenderungan kita ingin pamer. Bagaimana kita selalu berpenampilan suci, padahal apa yang kita lakukan seringkali keji. Bahkan kepada orang yang pernah menolong kita sekalipun. Kepalsuan-kepalsuan yang hanya kita sendiri yang tahu, selalu membuat kita tersenyum jengah. Kesemuanya disajikan secara manis dan lucu dalam serial ini.

Ada tokoh Bang Sulam yang penyabar, selalu tersenyum, ia memiliki usaha bubur ayam. Berkat ketekunan dan keikhlasannya, akhirnya ia bisa naik haji dan memperbesar usaha bubur ayamnya. Bang Sulam tinggal bersama Rodiah (Uci Bing Slamet) istrinya, dan Emak (Nani Wijaya).

Tetangga Bang Sulam, H. Muhidin (Latief Sitepu) dan Hj. Maemunah , entah mengapa selalu memusuhi keluarganya. Bahkan anak mereka, Rumanah (Citra Kirana) dilarang berhubungan dengan Robby (Andi Arsyil), adik ipar Bang Sulam. Fitnah-fitnah tentang keluarga Bang Sulam pun berdatangan. Bagaimanakah keluarga Bang Sulam menyikapi segala nikmat dan cobaan yang ia dan keluarga hadapi sehari-hari? 

buburhaji menang award

Drama Tukang Bubur Naik Haji disebut-sebut sebagai seri drama paling sukses yang pernah tayang di stasiun RCTI, dengan jumlah episode yang mencengangkan, yaitu 1,374 episode. Drama ini sudah tayang lebih dari 2 tahun dan selalu mendapat rating tertinggi di kancah TV nasional. Drama ini juga selalu stabil berada di 10 besar acara terbaik. Dengan catatan sukses yang begitu baik, tidak heran bila Tukang Bubur Naik Haji dapat diperhitungkan di acara tersebut.

Maju terus industri perfilman Indonesia, kami harap kalian akan menciptakan lebih banyak karya yang kualitasnya bisa melebihi drama yang satu ini di masa depan.

sumber: j-ba