[3 Eps Rule] Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works

October 26, 2014 9:58 pm
[3 Eps Rule] Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works

Menjawab getar-getir ekspektasi penggemar, Ufotable kembali melanjutkan saga seri hits dari Type-Moon, Fate. Setelah sukses dengan Fate/Zero, selanjutnya adalah Fate/Stay Night yang bukanlah remake dari seri yang sama yang pernah dianimasikan juga oleh Studio Deen tahun 2006 silam (yang uniknya adalah seri yang sama yang membuat saya memasuki era otaku “xxx is mai waifu”) karena seri yang sekarang tayang akan mengadaptasi rute yang berbeda dari visual novelnya.

Masih bercerita seputar Emiya Shirou, seorang pemuda yang diadopsi oleh seorang penyihir Emiya Kiritsugu. Shirou bercita-cita ingin menjadi seorang pahlawan pembela kebenaran meskipun ia hanya mempunyai sebuah kekuatan unik yang tidak begitu berguna dalam pertarungan. Suatu hari hidupnya berubah ketika tiba-tiba ia terseret ke apa yang disebut dengan “Holy Grail War”. Bersama partnernya yang juga waifu banyak penggemar seri Fate baik lama maupun baru dan teman sekolahnya Rin yang juga tiba-tiba mendapat banyak husbando dadakan musim ini, Shirou berusaha bertahan hidup melewati perang tersebut.

Fate/Stay Night: Unlimited Budget Works

Judul alternatif diatas mencerminkan betapa superiornya kualitas animasi Ufotable yang tetap dipertahankan sejak seri Fate/Zero yang juga telah membuat banyak orang tercengang, dibandingkan Fate versi DEEN baik serinya tahun 2006 maupun film layar lebarnya.

Fate stay night ubw -3epsrule (2)

Atmosfer gelap yang tercipta dengan baik, koreografi pertarungan yang apik yang bahkan jarang bisa dibuat oleh anime kelas versi layar lebar sekalipun, dan modifikasi desain berbagai karakter yang disesuaikan menjadi lebih cantik dari versi orisinilnya membuat Fate/UBW sangat nikmat untuk ditonton tiap minggu. Maaf sekali tapi versi Deen lewat jauh. Bahkan mungkin dalam hal visualisasi, Fate/UBW adalah calon terkuat Anime of the Season.

Rin/Saber/Taiga/…/Sakura Best Gurls

Menyesuaikan dengan zaman, Fate/UBW juga menyesuaikan desain karakternya menjadi “lebih baik”, terutama soal fashion. Saya tidak mau komentar mengenai Shirou yang dibelikan jaket baru oleh Ufotable karena katanya “dirombak agar lebih pantas untuk seorang karakter utama”, lihat desain baru para karakter tersebut, terutama Taiga yang sekarang akhirnya terlihat “lebih layak dinikahi” daripada versi awalnya.

Fate stay night ubw -3epsrule (4)

Sebagai karakter utama di versi ini, Rin juga di-upgrade lebih jauh. Karena kalau tidak pasti kalah dengan Saber sebagai heroine utama seri Fate. Waktu tayang yang lebih panjang, spotlight khusus dan beberapa “fanservices” membuat Rin sukses dijadikan main heroine untuk versi ini oleh Ufotable. GJ.

Jumlah Penayangan; 2 Cour

Salah satu kekhawatiran utama dalam seri adaptasi adalah penyesuaian cerita yang mungkin bisa melebihi slot tayang animenya. Bayangkan mengadaptasi visual novel yang bisa tidak habis dimainkan dalam beberapa hari penuh menjadi 12 episode saja. Tapi kasus itu tidak berlaku untuk Fate/UBW, dimana yang menurut saya 2 Cour yang ada akan dapat mengadaptasi seluruh cerita dari rute UBW dengan pas.

Fate stay night ubw -3epsrule (1)

Tidak hanya membuat semua detil cerita UBW berhasil diadaptasikan dengan baik mengikuti pacing yang ideal, berbagai eksposisi dan detil kecil yang merujuk pada prekuelnya, Fate/Zero juga dapat direpresentasikan dengan baik. Bahkan mereka masih sempat memasukkan beberapa adegan filler tambahan apik yang menjadikan keseluruhan episode menjadi lebih baik lagi. Para pemain visual novelnya tidak akan punya keluhan mengenai adaptasi ini, termasuk saya.

Fate stay night ubw -3epsrule (5)
Sebenarnya kalau mau jujur, Fate/Stay Night: UBW itu sudah terlalu bagus sampai-sampai kita tidak perlu review atau ulasan untuk tahu bagusnya dimana. Cerita dan visual sudah tidak perlu dikomentari, musik oke, karakter tetap setia dengan versi orisinil dan lainnya. Fate/UBW akan menjadi gerbang banyak penggemar Type-Moon dadakan (baik dan buruk). Fate/UBW, apakah kamu akan jadi Anime of the Year? Sampai saat ini, iya!