Beat Takeshi, “Aku benci anime, aku benci Hayao Miyazaki, tapi uang itu penting!”

October 26, 2014 5:35 pm
Beat Takeshi, “Aku benci anime, aku benci Hayao Miyazaki, tapi uang itu penting!”

Beat Takeshi, adalah nama panggilan bagi Takeshi Kitano, seorang multitalenta yang berprofesi sebagai seorang sutradara, penulis, aktor, kritikus dan masih banyak lagi perannya dalam dunia hiburan. Mungkin kamu mengenal wajahnya dari sebuah acara klasik yang tayang tahun 1986 sampai 1990, dan sempat ditayangkan di TV lokal, Benteng Takeshi.

Beat takeshi benci hayao miyazaki (2)

Takeshi Kitano hadir pada acara Tokyo International Film Festival yang ke 27 pada tanggal 25 Oktober kemarin di Tokyo, Roppongi Hills. Dalam acara tersebut, beliau sempat mengkritik dunia perfilman Jepang yang masih belum bisa menembus pasar internasional. Dia juga mengatakan kalau industri film di Jepang akan menjadi tidak berguna bila tidak ada langkah antisipasi.

Dalam acara tersebut dia juga menyempatkan diri untuk mengkritik dunia anime sebagai bagian dari perfilman Jepang. Dia berkata, “Aku benci anime, tapi aku paling benci dengan Hayao Miyazaki. Tapi anime dapat menghasilkan banyak sekali uang, dan hal itu aku akui.” Beliau sepertinya tidak suka anime karena itu tidak membantu dunia perfilman Jepang, namun dia menghargai bagaimana anime bisa menghasilkan profit yang besar. Hal ini sedikit menimbulkan tanda tanya apakah sebenarnya dia lebih mementingkan uang daripada bagusnya karya film itu sendiri?

Namun sudah jelas bila anime dapat mendatangkan banyak uang, seperti lelucon Sunrise yang sedang berenang dalam kolam uang setelah sukses Lovelive!.

Beat takeshi benci hayao miyazaki

sumber: Yaraon!