KiRiKo, Loveliver Yang Juga Merupakan Pemain Alat Musik Erhu

October 27, 2014 4:13 pm
KiRiKo, Loveliver Yang Juga Merupakan Pemain Alat Musik Erhu

Semakin harinya, semakin banyak Loveliver yang memiliki prestasi di bidangnya, mulai dari pelari, pegulat dan sampai artis, semuanya penggemar Lovelive!

Dengan kecintaannya kepada Lovelive!, semuanya berjuang di bidang yang paling mereka sukai masing-masing, dan kali ini juga ada salah seorang penggemar Lovelive! yang juga ingin berusaha di bidangnya, yaitu memainkan alat music Erhu, alat musik gesek yang berasal dari China (atau disebut juga sebagai Niko dalam bahasa Jepang), yaitu KiRiKo.

Timm01

Pada acara Tokyo International Music Market 2014, yang diadakan pada tanggal 21-23 Oktober 2014, KiRiKo sempat tampil di hadapan masyarakat internasional yang datang untuk rangkaian seminar dan juga menjaga boothnya, Wawa Planning.

Profil

Profil

Lahir pada tanggal 21 Maret 1991, KiRiKo mulai belajar memainkan Erhu sejak umur 6 tahun, dan mulai tampil di depan publik sejak umur 12 tahun. Pada bulan Maret 2008, ia tampil di depan mantan presiden China, Hu Jintao, pada upacara pembukaan dari acara pertukaran budaya antara Jepang dan China.

Kiriko002

Pada Agustus 2009, ia merilis album pertamanya, yang berjudul “Niko de Utau : Ghibli Hare-Tane” (Hare-tane, A Cover of Studio Ghibli Songs), yang berisikan lagu-lagu dari anime buatan Studio Ghibli, seperti My Neighbour Totoro, Howl’s Moving Castle, Spirited Away, dan sebagainya. Album ini sudah diunduh lebih dari 50.000 kopi perbulannya, melalui media distribusi online.

Untuk memperdalam kemampuannya bermain musik, KiRiKo juga sempat belajar di Central Conservatory of Music di Beijing pada tahun 2011.

Beberapa penghargaan yang pernah diraihnya antara lain :

  • Juara pertama di World’s Intrument Competition Jr. High Category di Beijing
  • Golden Award di Musical Competition of China pada tahun 2008, oleh Konsukat Osaka
  • Special Prize di China’s International Music Competition, dan lain-lain.

Kemudian, berawal dari kecintaannya terhadap Lovelive!, terutama pada salah satu karakternya, yaitu Yazawa Nico (yang juga bernama sama dengan alat musik yang ia mainkan, yaitu Niko), ia mulai mendapatkan perhatian dari beberapa video yang diunggah di situs Nicovideo. Pada bulan Mei 2014, dengan mengenakan Cosplay Nico, ia membawakan lagu pembukaan pertama dari anime Lovelive! School Idol Project, yaitu Bokura wa Ima no Naka de, dan pada 5 hari pertama langsung dilihat oleh 100.000 orang.

Setelah lagu tersebut, ia juga membawakan lagu-lagu lain, seperti Kaguya no Shiro de Odoritai (lagu coupling single Kitto Seishun ga Kikoeru,lagu penutup musim pertama), Sore wa Bokutachi no Kiseki (lagu pembukaan musim kedua), dan Datte Datte Amujou (lagu coupling single Bokutachi no Kiseki).

Ia juga tampil di beberapa event Doujin khusus Lovelive!, diantaranya Anata to Lovelive! 4 dan Bokura no Lovelive! 5, juga membawakan lagu-lagu Lovelive!. Selain di event lokal, ia juga sempat tampil di konvensi di luar negeri, yaitu ACGHK 2014 – Creative Paradise, yang diadakan di Hong Kong. KiRiKo juga sempat dimuat di beberapa media online Hong Kong terkait kemunculannya di event tersebut.

Kiriko004

Kamarnya sendiri sangat penuh dengan pernak-pernik berbau Lovelive!, khususnya terkait oshinya, yaitu Yazawa Nico.

Kiriko003

Menyusul album pertamanya, KiRiKo akan segera merilis album keduanya, Nikoholic, yang berisikan berbagai macam lagu dari berbagai macam genre, seperti Beethoven Virus, Thanatos (lagu dari The End of Evangelion), bahkan Ju Hua Tai yang merupakan lagu Jay Chou untuk film Curse of The Golden Flower.

Kiriko005

Untuk ke depannya, KiRiKo juga berencana untuk tampil di luar negeri, selain negara-negara seperti Hong Kong dan China. Kemungkinan besar, akhir tahun ini ia akan tampil di Malaysia. Bila memungkinkan, ia juga ingin bisa tampil di Indonesia.

Sumber :

Situs Resmi
Channel Youtube
Twitter