Hideaki Anno Akhirnya Mengungkapkan Inspirasinya Saat Membuat Neon Genesis Evangelion

November 1, 2014 2:54 pm
Hideaki Anno Akhirnya Mengungkapkan Inspirasinya Saat Membuat Neon Genesis Evangelion

Bingung dengan jalan cerita Neon Genesis Evangelion? Saya juga. Dulu, saya mengikuti anime tersebut saat masih duduk di bangku SMP, dengan iming-iming ‘anime dewasa’ saya ‘terpaksa’ menontonnya. Namun semua ideologi dan teori yang dipaparkan oleh Anno sepertinya tidak bisa dimengerti oleh saya yang masih polos waktu itu. Sekarang pun saya tidak ingin membuang lebih dari 500 menit saya untuk menonton ulang Evangelion dan movienya.

evangelion inspiration explained (3)

Banyak yang mengatakan kalau Hideaki Anno berada dalam keadaan yang kurang stabil saat menuliskan naskah Evangelion. Dalam Wikipedia, tertulis kalau beliau sedang dalam keadaan depresi, dan aspek psikologi dari anime ini berdasarkan oleh pengalaman beliau berjuang melawan kondisinya tersebut.

Namun kini, sang sutradara menjelaskan apa yang terjadi di kepalanya saat menuliskan Evangelion bertahun-tahun lalu, beliau ternyata tumbuh besar saat terjadi perang dingin antara Amerika dan Rusia, sehingga ketakutannya ini tertuang dalam naskah tersebut.

“Dulu, benar-benar terasa sepertinya akan ada perang (bom) atom yang akan meledak, dan dunia pun akan hancur… Itulah realita saat itu, ketakutan akan terjadinya Armageddon (kiamat)… Aku benar-benar yakin kalau dunia ini akan hancur pada abad ke 20.”

“Hal ini membawa pengaruh yang besar kepada (naskah) Evangelion, mengenai apa yang akan terjadi setelah dunia hancur. Pada saat itu, banyak anime yang menggambarkan apa akibat terjadinya pembunuhan masal dengan nuklir.”

“Jepang adalah negara dimana bencana (alam) sangat mudah terjadi, memberikan suatu kesan kuat kalau Tuhan itu benar-benar ada di luar sana.”

evangelion inspiration explained (2)

Beliau juga ditanya mengenai bagaimana kemungkinan Evangelion diadaptasi menjadi sebuah live-action, namun beliau sepertinya ragu bila hal tersebut dapat direalisasikan,

“Aku tidak yakin hal tersebut bisa terjadi… Kamu harus menulis ulang semuanya, dan pastinya akan menjadi karya yang jauh berbeda. Jadi sepertinya aku tidak bisa melihatnya terjadi.”

Jadi, kini sudah terkonfirmasi kalau memang Hideaki Anno menuliskan Evangelion dalam keadaan yang sedang dilanda ketakutan yang hebat, sehingga mungkin beberapa dari kita tidak begitu mengerti isinya, karena tidak merasakan langsung teror perang dingin.

sumber: ANN