Selesai Pesta Halloween, Jalan-jalan di Shibuya Dipenuhi Oleh Sampah

November 2, 2014 12:00 pm
Selesai Pesta Halloween, Jalan-jalan di Shibuya Dipenuhi Oleh Sampah

Halloween, hari yang dirayakan untuk mengingat mereka yang sudah berada di dunia lain. Pada awalnya, hari Halloween dirayakan untuk menunjukkan kalau mereka yang hidup tidak percaya kepada dunia lain, sehingga mereka menggunakan kostum-kostum seram untuk menunjukkan kalau mereka tidak takut kepada para hantu tersebut.

Apakah ada diantara kamu yang pergi berpesta untuk merayakan Halloween? Bagaimana pestanya semalam, meriah? Semeriah apapun pesta tersebut, saya harap kamu tidak meninggalkan ‘jejak’ seperti yang mereka lakukan di Shibuya. Jepang terkenal akan kerapihan dan kebersihannya, dan setelah saya melihat dengan mata kepala saya sendiri, saya sangat setuju dengan pernyataan itu. Namun saya tidak bisa percaya pemandangan Shibuya setelah terkena imbas dari malam pesta Halloween.

sampah di shibuya after halloween (4) sampah di shibuya after halloween (5) sampah di shibuya after halloween (7) sampah di shibuya after halloween (8)

Keadaan Toilet

sampah di shibuya after halloween sampah di shibuya after halloween (2) sampah di shibuya after halloween (3)

Sungguh mengenaskan, jalan-jalan dipenuhi oleh sampah, bahkan tempat sampah pun sepertinya sudah tertutup sampah. Sepertinya keadaan ini tidak ayalnya seperti keadaan setelah pesta-pesta jalanan di negara lain. Memang sepertinya bila massa sudah bertemu dengan minuman keras, kekacauan seperti ini sudah tidak terhindarkan lagi.

Mungkin di lain waktu, harus disediakan mobil sampah luar biasa besar yang beroperasi pada malam pesta seperti ini, supaya mereka dapat membuang sampah pada tempatnya dan jalan-jalan tidak perlu dibanjiri sampah lagi.

sumber: Yaraon!