Satoru Iwata Mengatakan Kalau Nintendo Akan Mempertimbangkan Untuk Menghapus Region Lock

November 7, 2014 1:49 pm
Satoru Iwata Mengatakan Kalau Nintendo Akan Mempertimbangkan Untuk Menghapus Region Lock

Bagi para pemilik konsol Nintendo 3DS, tentunya kamu merasa sedikit terganggu dengan adanya fitur region lock. Selain tidak bisa bebas memilih game yang bisa kamu mainkan, game yang sudah kamu tunggu-tunggu bisa saja tidak dirilis sesuai versi yang kamu miliki. Hal ini menjadi pertimbangan yang besar saat harus memilih antara 3DS atau PSVita.

Presiden Nintedo, Satoru Iwata baru saja mengutarakan pada sesi tanya jawab di situs resmi Nintendo kalau masalah region lock adalah “masalah yang harus dipertimbangkan di masa depan.”

Satoru Iwata, President of Nintendo Co., Ltd., poses after Nintendo's E3 presentation of their new Nintendo 3DS at the E3 Media & Business Summit in Los Angeles

Iwata juga berkata akan ada keuntungan yang didapat oleh baik Nintendo dan pelanggan, bila fitur region lock dihapuskan. Selain dapat memainkan game dari berbagai region, lebih banyak orang yang akan menghapus keraguan saat membeli Nintendo 3DS karena dibukanya region lock. Namun, menurutnya, hal tersebut juga akan membuka beberapa masalah baru kepada Nintendo.

Iwata menyatakan kalau region lock diaplikasikan karena adanya sejarah game yang dilokalisasikan sesuai versi lain biasanya melewati proses yang sangat lama, rangkaian permasalahan marketing, dan adanya ‘kondisi’ di setiap negara sendiri. Karena terkadang, ada negara yang melarang sebuah game spesifik untuk beredar karena ditakutkan akan mempengaruhi anak-anak secara negatif. Ada juga fakta kalau tidak semua lisensi yang diperlukan untuk menjual game di luar Jepang tidak diterima secara global.

sumber: Siliconera