Robot Pembersih Rumah Juga Tidak Luput Dari Moefikasi, Inilah Cocorobo-chan

November 9, 2014 1:45 pm
Robot Pembersih Rumah Juga Tidak Luput Dari Moefikasi, Inilah Cocorobo-chan

Teknologi di Jepang sepertinya selain makin canggih, juga menjadi makin moe hari demi hari. Sharp, adalah perusahaan elektronik Jepang yang memiliki sejarah panjang serta reputasi solid baru saja mengumumkan bahwa lini robot pembersih rumah mereka, Cocorobo akan mendapatkan moefikasi, yaitu Premium-na Cocorobo [Imouto ver.]. Ya, robot ini akan berpura-pura menjadi adikmu yang imut yang bisa berbicara dan menyanyi kepadamu saat membersihkan rumah.

sharp moe pembersih rumah (3)

Cocorobo-chan, begitulah nama ilustrasi moe buatan Kinusa Shimotsuki (Tonari no Kashiwagi-san) yang menghiasi robot pembersih ini. Cocorobo-chan akan disuarakan oleh seiyuu berusia 16 tahun, Ibuki Kido (Kana – THE IDOLM@STER MOVIE). Cocorobo-chan dapat berbincang dengan kita, memanfaatkan bank data berbasis cloud yang menyimpan “cukup banyak” kemungkinan respon yang akan diambil robot tersebut. Berikut adalah contoh pembicaraan yang bisa kamu harapkan:

“Kamu pintar membersihkan rumah ya!”
I.. itu bukannya karena aku ingin mendapat pujian darimu huh!
“Ceritakan hal yang kamu ketahui tentang ikan.”
Ikan Jagungan (Filefish) enak dimakan dengan kecap sebagai sashimi.
“Enaknya makan apa ya?”
Ummm, sepertinya omurice enak.

Cocorobo-chan memiliki kepribadian yang bisa digambarkan dengan “ceria”, “energetik”, “moody”, dan yang sepertinya sudah kamu tebak, “tsundere”. Tapi dia tetap akan membangunkanmu dengan lagu yang ceria ini.

Cocorobo-chan juga dilengkapi dengan kepribadian kedua, yaitu kucing peliharaannya, Cloud-chan. Cloud-chan berfungsi untuk menjawab pertanyaanmu seputar berita yang terjadi di dunia. Cloud-chan akan mengambil berita dari situs atau Twitter Sharp Cloud Labs dan memberikan komentar-komentar konyol dan satir yang seperti acara radio tengah malam.

sharp moe pembersih rumah

Mungkin memang pasarnya tidak banyak, tapi ini tetap adalah sebuah berita, dan sebagai langkah menuju ‘peralatan sehari-hari yang bisa kamu ajak interaksi’, kemungkinan ke depannya sangat hebat.” menurut Tetsu Ueda, kepala Sharp’s Cloud Technology Development Center. “Kami harap kami bisa mengeksplorasi lebih banyak lagi kemungkinan model selain model imouto yang bisa diterima banyak orang“.

Reaksi di Twitter mengenai pengumuman Cocorobo-chan sangatlah besar. Saran mengalir mulai dari versi Onee-san sampai versi pacar lelaki. Reaksi pada live eventnya pun sangat luar biasa, dengan para penonton kerap bersorak “Sharp! Sharp!” untuk pertama kalinya dalam sejarah.

sharp moe pembersih rumah (4)

Premium-na Cocorobo [Imouto ver.] akan dijual mulai tanggal 7 November mendatang dengan harga 148,000 yen dan hanya bisa dibeli secara online.

Sejujurnya, kemungkinan Sharp membuat model Onee-san sepertinya membuat hati saya sedikit senang. But, really now? Dimanakah batasan moefikasi? Saya harap tidak ada yang nantinya menikahi robot pembersih ini, atau kulkas, atau mungkin meja karena semuanya sudah moe.

sumber: ANN